Literasi Numerasi | Data - SMP
kompetensi dalam berpikir dan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat
matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari , pada berbagai jenis
konteks, yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
Soal AKM Numerasi Data dan Ketidakpastian meliputi pemahaman,
interpretasi, penyajian data maupun peluang, silahkan cek lebih lanjut
komponen intrumen pada soal-soal AKM
Soal AKM dirancang untuk
memberikan informasi yang memicu perbaikan proses pembelajaran, yang
pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas belajar peserta didik.
Soal
AKM Numerasi data dan ketidakpastian yang dirujuk dari Portal Asesmen
Pusmenjar kemdikbudristek, kalian akan mengerjakan asesmen Numerasi-Data
dan Ketidakpastian untuk Fase D kelas 7 - 8 .
Selamat mengerjakan!
Wacana 1: Tim Bola Voli
Pak Sahono mendata tinggi badan siswa putri kelas A untuk seleksi
pemain bola voli. Berikut data tinggi badan dan banyak siswa putri
kelas A.
Tinggi Badan (Cm) | Banyaknya siswa |
---|---|
155 | 4 |
156 | 2 |
157 | 15 |
158 | 8 |
159 | 3 |
Soal 1. Pak Sahono mengumpulkan
siswa yang memiliki tinggi badan dengan jumlah terbanyak untuk
dilakukan seleksi terlebih dahulu. Tinggi badan siswa yang
dimaksud adalah …. *
Tandai satu oval saja.
◯ A. 155 cm.
◯ B. 156 cm.
◯ C. 157 cm.
◯ D. 158 cm.
Soal 2. Diketahui nama-nama
siswa berdasarkan tinggi badan adalah sebagai berikut. *
Tinggi (Cm) | Nama Siswa |
---|---|
155 | Levia, Lilis, Lisa dan Mareta |
156 | Maya dan Maisya |
157 | Monica, Nabila, Nada, Nasela, Nisa, Nur, Nurul, Rahma, Risma, Shela, Sindi, Siti, Surti, Shasya, dan Syerli |
158 | Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina dan Warti |
159 | Yoli, Yuli dan Yuyun |
Tandai satu oval saja perbaris
A.Benar | B.Salah | |
---|---|---|
1. Monica, Nabila, Nada, Nasela, Nisa, Nur, Nurul, Rahma, Risma, Shela, Sindi, Siti, Surti, Shasha, dan Syerli masuk sebagai tim voli putri kelas A. | ◯ | ◯ |
2. Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina, dan Warti masuk sebagai tim voli putri kelas A. | ◯ | ◯ |
3. Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina, Warti, Yoli, Yuli, dan Yuyun masuk sebagai tim voli putri kelas A. | ◯ | ◯ |
4. Nasela, Nisa, Nur, Nurul, Rahma, Risma, Shela, Sindi, Siti, Surti, Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina, Warti, Yoli, Yuli, dan Yuyun masuk sebagai tim voli putri kelas A. | ◯ | ◯ |
Wacana 2: Kantong Plastik Sekali Pakai Jakarta
Masyarakat di DKI akan melarang menggunakan kantong plastik
sekali pakai (kantong kresek) mulai 1 Juli 2020. Kebijakan ini
berlaku untuk di pusat pembelanjaan (mal), toko swalayan, dan
pasar tradisional.
Aturan ini ditetapkan bukan tanpa alasan. Kepala Dinas Lingkungan
Hidup (DLH) DKI Jakarta, Andono Warih mengungkap tiga
alasannya.
Pertama, sampah di tempat pembuangan terpadu (TPST), Bantar
Gebang, Bekasi kian bertambah. Dari 39 juta ton sampah yang ada,
34%-nya didominasi sampah plastik.
Sekarang ini di Bantar Gebang sudah penuh dengan kresek. Yang
sekarang sudah mencapai 39 juta ton (sampah), 34%-nya itu plastik
dan kebanyakan kantong kresek. Kalau kita nggak berbuat sesuatu,
nanti makin lama makin membebani lingkungan dan kasihan anak cucu
kita nanti nggak kebagian tempat,” kata Andono kepada detik.com,
Minggu (28/6/2020).
Soal 3.
Berdasarkan diagram yang disajikan di atas, rata-rata persentase
responden yang setuju untuk membawa kantong plastik sendiri
adalah .... *
Tandai satu oval saja.
◯ A.
38,2%
◯ B. 42,1%
◯ C. 57,9%
◯
D. 61,4%
Wacana 3:
Gregor Johann Mendel adalah ilmuwan yang dijuluki sebagai Bapak
Genetika Modern. Ia menemukan bahwa pewarisan sifat dari induk
kepada keturunannya mengikuti suatu pola tertentu. Penemuan
itulah yang sampai sekarang kita sebut dengan nama Hukum Mendel.
Tabel berikut menunjukkan kemungkinan warna bulu kelinci hasil
persilangan dua induk yang disusun berdasarkan Hukum Mendel.
Soal 4.
Jika induk kelinci yang berbulu abu-abu disilangkan dengan
induk kelinci yang berbulu abu-abu, maka peluang
keturunannya berbulu putih adalah .... *
Tandai satu
oval saja.
◯ A. 0
◯ B. 1/4
◯ C. 1/2
◯ D.
0
Wacana 4:
Gizi Buruk Gizi buruk adalah kondisi tubuh kekurangan gizi
yang didasarkan pada indeks berat badan menurut usia yang
disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pola makan
yang buruk. Ada dua jenis gizi buruk yang umum terjadi
yaitu Marasmus dan Kwashiorkor.
Lembaga Kesehatan Masyarakat di kelurahan Maju Jaya,
berupaya menuntaskan masalah gizi buruk di lingkungannya
dengan cara memberikan penyuluhan (informasi) kepada warga
dan membagikan bantuan kepada warga di lingkungan tersebut
yang terdampak gizi buruk.
Pada saat ini tercatat ada 100 anak di kelurahan Maju Jaya
yang masuk kategori gizi buruk. Tabel berikut memuat data
sebaran kategori gizi buruk berdasarkan jenis dan kelompok
umur.
Jenis Gizi Buruk | Usia penderita 1-3 Tahun | Usia Penderita 4-7 Tahun |
---|---|---|
Marasmus | 40 | 10 |
Kwashiorkor | 30 | 20 |
Soal 5.
Seorang anak akan dipilih untuk diperiksa oleh tim gizi
provinsi. Kemungkinan anak terpilih bergizi buruk jenis
Marasmus berusia 1-3 tahun adalah .... *
Tandai satu oval saja
◯ A. 4/7
◯ B. 2/5
◯ C. 3/10
◯ D. 1/5
Soal 6.
Pernyataan-pernyataan berikut merupakan simpulan terkait
peluang berdasarkan data di atas. Berilah tanda centang
(√) pada setiap pernyataan yang menunjukkan simpulan
benar! *
Centang semua yang sesuai
⬜ A. Peluang seorang anak menderita gizi buruk
jenis Marasmus berusia 4-7 adalah 1/10
⬜ B. Peluang seorang anak menderita gizi buruk
jenis Marasmus lebih besar dari jenis
Kwashiorkor.
⬜ C. Peluang seorang anak berusia 1-3 tahun
menderita gizi buruk 4 kali lebih besar dibanding
anak berusia 4-7 tahun.
⬜ D. Peluang seorang anak penderita gizi buruk
jenis Kwashiorkor adalah 1/2
Soal 7.
Dalam toples terdapat 100 permen rasa buah-buahan yang
bentuknya sama dengan kuantitas seperti tampak pada
diagram berikut. *
Ayah meminta Budi mengambil satu permen dari toples dan dia
tidak dapat melihat permen rasa buah-buahan tersebut.
Tentukan Benar atau Salah setiap pernyataan berikut!
Tandai satu oval saja per baris.
A. Benar | B. Salah | |
---|---|---|
1. Peluang Budi mengambil satu permen rasa duren adalah 0,15. | ◯ | ◯ |
2. Perbandingan peluang terambil satu permen rasa Nanas dan rasa Jeruk adalah 1/4. | ◯ | ◯ |
3. Peluang terambil bukan permen rasa Apel adalah 9/10. | ◯ | ◯ |
Soal 8. Berikut
ini adalah diagram yang menggambarkan jenis pekerjaan
yang menjadi cita-cita siswa di sekolah.
Apabila seluruh siswa yang memiliki cita-cita bekerja
sebagai perias wajah artis berpindah menjadi blogger,
berapa persen peluang terpilihnya siswa yang memiliki
cita-cita sebagai blogger?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
Wacana 5:
Data Kepemilikan Kendaraan Bermotor Sekolah harus bisa
memberi akses bagi siswa dari keluarga kurang mampu. Di
sisi lain, kualitas pendidikan tetap harus
diperhatikan.
Salah satu kebijakan untuk mengatasi hal ini ialah
melalui kebijakan subsidi silang pendanaan pendidikan,
yakni keluarga mampu menyumbang dana pendidikan lebih
banyak untuk membantu siswa dari keluarga kurang
mampu.
Untuk mendata status ekonomi keluarga, pihak sekolah
melakukan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor. Dari
50 siswa diperoleh data sebagai berikut.
Soal 9.
Satu dari siswa tersebut akan dipilih secara acak
untuk menjadi koordinator pendanaan sekolah. Tentukan
benar atau salah nilai peluang untuk setiap kelompok
kepemilikan kendaraan bermotor berikut! *
Tandai satu oval saja per baris.
A. Benar | B. Salah | |
---|---|---|
1. Peluang siswa yang keluarganya hanya memiliki mobil adalah 14/25. | ◯ | ◯ |
2. Peluang siswa yang keluarganya hanya memiliki sepeda motor adalah 17/25. | ◯ | ◯ |
3. Peluang siswa yang keluarganya memiliki mobil dan sepeda motor adalah 8/25. | ◯ | ◯ |
4. Peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki mobil adalah 9/25 | ◯ | ◯ |
Soal 10.
Setelah 1 tahun berlalu, pihak sekolah melakukan
pendataan ulang dan mendapatkan informasi sebagai
berikut: Ada 2 siswa yang keluarganya hanya memiliki
mobil mengatakan telah menjual mobilnya sehingga tidak
memilik mobil lagi. Ada 2 siswa yang keluarganya tidak
memiliki mobil maupun motor telah membeli motor.
Berdasarkan wacana, Pilihlah “Ya” atau “Tidak” dari
setiap pernyataan berikut! *
A. Benar | B. Salah | |
---|---|---|
1. Nilai peluang siswa yang keluarganya memiliki mobil dansepeda motor setelah pendataan dan sebelumnya adalah sama. | ◯ | ◯ |
2. Nilai peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki mobil maupun sepeda motor setelah pendataan dan sebelumnya adalah berbeda. | ◯ | ◯ |
3. Nilai peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki mobil setelah pendataan dan sebelumnya adalah sama. | ◯ | ◯ |
4. Nilai peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki sepeda motor setelah pendataan dan sebelumnya adalah sama | ◯ | ◯ |
Soal 11. Semua buah-buahan
yang ada di rumah Akbar tersebut, disimpan di dalam sebuah
keranjang. Apabila Akbar akan mengambil secara acak 1 buah
dari dalam keranjang, tentukan benar atau salah setiap
pernyataan berikut ini! *
A. Benar | B Salah | |
---|---|---|
1. Peluang terambil buah jeruk atau pisang adalah 16/19. | ◯ | ◯ |
2. Peluang terambil buah jeruk atau apel adalah 14/19. | ◯ | ◯ |
3. Peluang terambil buah jeruk lebih besar daripada peluang terambil pisang atau apel | ◯ | ◯ |
Soal 12. Akbar telah memakan 3 buah jeruk dan 1 buah apel,
kemudian ayahnya akan mengambil 2 buah-buahan secara acak dengan
pengambilan satu per satu. Berdasarkan hal tersebut, pilihlah
setiap pernyataan yang benar. *
Centang semua yang
sesuai.
⬜ A. Peluang terambil keduanya pisang adalah 1/3.
⬜ B. Peluang terambil keduanya jeruk adalah 2/10.
⬜ C. Peluang terambil keduanya apel adalah 1/35.
⬜
D. Peluang terambil keduanya bukan pisang 3/7.
Posting Komentar untuk "Literasi Numerasi | Data - SMP "