Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bilangan Pecahan | SMP | Soal dan Pembahasan


Materi matematika SMP untuk ruang lingkup bilangan pecahan, berupa soal-soal
yang di seleksi dari soal-soal yang sudah diujikan atau diujicobakan pada soal
latihan Ujian Sekolah matematika SMP, soal Ujian Nasional matematika SMP, dan
soal ujian lainnya pada jenjang SMP. 



Tujuan yang ingin dicapai setelah mempelajari materi ini, yaitu
dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan cara mengurutkan bilangan
pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) dan operasi hitung bilangan
pecahan.







BILANGAN PECAHAN





Secara umum disampaikan bilangan pecahan adalah bilangan yang dapat
dinyatakan dalam bentuk $\dfrac{a}{b}$ dengan $b \neq 0$.



Untuk menambah pemahaman kita tentang pecahan Pada bahan presentasi Bapak
Wiworo, Widyaiswara PPPPTK Matematika pada Seminar Nasional Pendidikan
Matematika (Sendimat) IX Tahun 2021 di Yogyakarta 22-24 November 2021
disampaikan:




  • Pecahan menjadi materi matematika sangat esensial yang dipelajari siswa
    karena pemahaman konsep tentang pecahan menjadi dasar untuk pengembangan
    kompetensi siswa lebih lanjut (Pedersen 2021).



  • Pecahan menjadi satu materi yang sangat sulit dipelajari oleh siswa dan
    secara pedagogis menjadi tantangan bagi guru matematika dalam
    membelajarkannya di kelas (Getenet, 2017)



  • Terdapat beberapa perbedaan makna pecahan yang menyebabkan perbedaan model
    representasi, situasi, strategi pembelajaran, dan strategi pembelajaran,
    dan masalah yang digunakan dalam pembelajaran (Martinez, 2021).



  • Untuk mempunyai pengetahuan dan pemahaman konsep yang baik tentang pecahan
    diperlukan pemahaman makna berbeda dari pecahan dan hubungan antar makna
    tersebut, unit pada konteks yang berbeda-beda, dan representasi grafis.
    (Martinez, 2021).



  • Bentuk pecahan $\dfrac{a}{b}$ dapat diinterprestasikan ke dalam lima makna
    berbeda, yaitu
    pecahan sebagai (i) bagian utuh (part-whole), (ii) ukuran
    (measure), (iii) hasil bagi (quotient), (iv) operator, dan
    (v) rasio

    (Dogan, 2020).



  • Mengetahui konsep pecahan berarti mengetahui secara mendalam seluruh lima
    makna berbeda dari pecahan dan representasinya (Van de Walle, 2019)




BEBERAPA JENIS PECAHAN





Untuk "istilah" pada beberapa jenis pecahan ini mungkin ada beberapa
perbedaan istilah tetapi tidak mengurangi makna yang diharapkan. Beberapa
istilah pecahan yang dapat kita tuliskan antara lain;




  • Pecahan Murni adalah pecahan dimana pembilang dan
    penyebutnya merupakan bilangan bulat dan pecahan adalah yang paling
    sederhana (tidak dapat disederhanakan lagi).
    Contoh: $\frac{1}{2},\
    \frac{3}{7},\ \frac{12}{17}, \cdots$


  • Pecahan Biasa adalah pecahan dengan pembilang dan
    penyebutnya merupakan bilangan bulat dan pecahan masih dapat
    disederhanakan lagi. Pecahan murni dapat dikatakan sebagai pecahan
    biasa, tetapi pecahan biasa belum tentu dapat dikatakan sebagai pecahan
    murni.
    Contoh: $\frac{4}{3},\ \frac{7}{5},\ \frac{17}{16}, \cdots$


  • Pecahan Campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan
    bulat dan bagian pecahan murni.
    Contoh: $2\frac{3}{5},\
    3\frac{1}{2},\ 1\frac{2}{3}, \cdots$


  • Pecahan Desimal adalah pecahan yang ditulis dengan
    menggunakan tanda koma (,).
    Contoh: $2,5;\ 3,75;\ 0,13;, \cdots$


  • Persen atau Perseratus adalah pecahan yang ditulis dengan
    mengunakan notasi $\%$.
    Contoh: $2\%,\ 66\%,\ 13\%, \cdots$


  • Permil atau Perseribu adalah pecahan yang ditulis dengan
    mengunakan notasi $‰$.
    Contoh: $2‰$, $45‰$, $11‰$, $\cdots$





OPERASI HITUNG PADA PECAHAN



  • Merubah pecahan campuran ke pecahan biasa.
    $a\dfrac{b}{c}= \dfrac{a \times c + b}{c}$
  • Pecahan senilai
    $\dfrac{a \times c}{b \times c}= \dfrac{a}{b}$
  • Penulisan bilangan pecahan negatif
    $\dfrac{-a}{b}= \dfrac{a}{-b}=-\dfrac{a}{b}$
  • Penjumlahan pecahan jika penyebut pecahan sama
    $\dfrac{a}{b}+\dfrac{c}{b}= \dfrac{a + c}{b}$
  • Penjumlahan pecahan jika penyebut pecahan tidak sama
    $\dfrac{a}{b} + \dfrac{c}{d}= \dfrac{a \times d + b \times c}{b \times d}$
  • Pengurangan pecahan jika penyebut pecahan sama
    $\dfrac{a}{b}-\dfrac{c}{b}= \dfrac{a - c}{b}$
  • Pengurangan pecahan jika penyebut pecahan tidak sama
    $\dfrac{a}{b} - \dfrac{c}{d}= \dfrac{a \times d - b \times c}{b \times d}$
  • Perkalian pecahan
    $\dfrac{a}{b} \times \dfrac{c}{d}= \dfrac{a \times c }{b \times d}$
  • Pembagian pecahan
    $\dfrac{a}{b} \div \dfrac{c}{d}= \dfrac{a}{b} \times \dfrac{d}{c}=\dfrac{a \times d }{b \times c}$


SOAL-SOAL LATIHAN | BILANGAN  SMP




1. Soal UN Matematika SMP 2018



Hasil dari $\dfrac{\frac{5}{6}+\frac{1}{3}}{\frac{5}{6}-\frac{1}{3}}$
adalah...


$\begin{align} (A)\ & 1\dfrac{5}{6} \\ (B)\ & 1\dfrac{3}{4} \\
(C)\ & 2\dfrac{1}{3} \\ (D)\ & 2\dfrac{5}{9} \end{align}$




Alternatif Pembahasan:


Berdasarkan informasi pada soal, pembahasan dapat seperti berikut ini:

$ \begin{align} \dfrac{\frac{5}{6}+\frac{1}{3}}{\frac{5}{6}-\frac{1}{3}}
&= \dfrac{\frac{5}{6}+\frac{2}{6}}{\frac{5}{6}-\frac{2}{6}} \\ &=
\dfrac{\frac{5+2}{6}}{\frac{5-2}{6}} \\ &=
\dfrac{\frac{7}{6}}{\frac{3}{6}} \\ &= \dfrac{7}{6} \times
\dfrac{6}{3} \\ &= \dfrac{7 \times 6}{6 \times 3} \\ &=
\dfrac{7}{3} \\ &= 2\dfrac{1}{3} \end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 2\dfrac{1}{3}$





2. Soal UN Matematika SMP 2013



Hasil dari $2\dfrac{2}{3}:1\dfrac{2}{3}-4\dfrac{1}{5}$ adalah...


$\begin{align} (A)\ & -3\dfrac{1}{4} \\ (B)\ & -2\dfrac{3}{5} \\
(C)\ & 5\dfrac{4}{5} \\ (D)\ & 8\dfrac{11}{45} \end{align}$





Alternatif Pembahasan:



Berdasarkan informasi pada soal, pembahasan dapat seperti berikut ini:

$ \begin{align} 2\dfrac{2}{3}:1\dfrac{2}{3}-4\dfrac{1}{5} &=
\dfrac{8}{3}: \dfrac{5}{3}- \dfrac{21}{5} \\ &= \dfrac{8}{3} \times
\dfrac{3}{5}- \dfrac{21}{5} \\ &= \dfrac{8 \times 3}{3 \times 5} -
\dfrac{21}{5} \\ &= \dfrac{8}{5} - \dfrac{21}{5} \\ &=
\dfrac{8-21}{5} \\ &= \dfrac{-13}{5} \\ &= -2\dfrac{3}{5}
\end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ -2\dfrac{3}{5}$






3. Soal UN Matematika SMP 2012



Hasil dari $4\dfrac{2}{3}:1\dfrac{1}{6}-2\dfrac{1}{3}$ adalah...


$\begin{align} (A)\ & 1\dfrac{1}{3} \\ (B)\ & 1\dfrac{2}{3} \\
(C)\ & 2\dfrac{1}{3} \\ (D)\ & 2\dfrac{2}{3} \end{align}$




Alternatif Pembahasan:


Berdasarkan informasi pada soal, pembahasan dapat seperti berikut ini:

$ \begin{align} 4\dfrac{2}{3}:1\dfrac{1}{6}-2\dfrac{1}{3} &=
\dfrac{14}{3}: \dfrac{7}{6}- \dfrac{7}{3} \\ &= \dfrac{14}{3} \times
\dfrac{6}{7}- \dfrac{7}{3} \\ &= \dfrac{14 \times 6}{3 \times 7} -
\dfrac{7}{3} \\ &= \dfrac{12}{3} - \dfrac{7}{3} \\ &=
\dfrac{12-7}{3} \\ &= \dfrac{5}{3} \\ &= 1\dfrac{2}{3}
\end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 1\dfrac{2}{3}$






4. Soal UN Matematika SMP 2018



Pada kegiatan sosial menerima sumbangan terigu beratnya $21\frac{3}{4}\ kg$
dan $23\frac{1}{4}\ kg$ untuk dibagikan pada warga. Jika setiap warga
menerima $2\frac{1}{2}$ kg, banyak warga yang menerima sumbangan terigu
tersebut adalah...


$\begin{align} (A)\ & 21\ \text{orang} \\ (B)\ & 20\ \text{orang}
\\ (C)\ & 18\ \text{orang} \\ (D)\ & 15\ \text{orang} \end{align}$




Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi dari soal dapat kita peroleh:




  • Banyak terigu keseluruhan adalah

    $ \begin{align} 21\frac{3}{4}+23\frac{1}{4} & = 21
    +23+\frac{3}{4}+\frac{1}{4} \\ & = 44+\frac{3+1}{4} \\ & = 44+1
    \\ &= 45 \\ \end{align}$


  • Setiap warga menerima $2\frac{1}{2}\ kg$, banyak warga yang menerima
    terigu adalah:

    $ \begin{align} 45 : 2\frac{1}{2} & = 45 : \dfrac{5}{2} \\ & =
    45 \times \dfrac{2}{5} \\ & = \dfrac{45 \times 2}{5} \\ &=
    \dfrac{90}{5}= 18 \end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 18\ \text{orang}$






5. Soal UN Matematika SMP 2014



Anita memiliki pita sepanjang $15\frac{1}{2}\ m$, kemudian ia membeli lagi
pita sepanjang $2\frac{2}{3}\ m$, Anita menggunakan pita miliknya sepanjang
$9\frac{1}{4}\ m$ untuk membuat bunga. Panjang pita Anita yang tersisa
adalah...


$\begin{align} (A)\ & 8\frac{5}{12}\ m \\ (B)\ & 8\frac{7}{12}\ m
\\ (C)\ & 8\frac{9}{2}\ m \\ (D)\ & 8\frac{11}{12}\ m \end{align}$




Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi dari soal dapat kita peroleh:




  • Panjang pita keseluruhan adalah

    $ \begin{align} 15\frac{1}{2}+2\frac{2}{3} & = 15
    +2+\frac{1}{2}+\frac{2}{3} \\ & =17 + \frac{3}{6}+\frac{4}{6} \\
    & =17 + \frac{3+4}{6} \\ & =17 + \frac{7}{6} \\ & =17 +
    1\frac{1}{6}=18\frac{1}{6} \end{align}$


  • Anita menggunakan pita miliknya sepanjang $9\frac{1}{4}\ m$ untuk
    membuat bunga, sis pita adalah:

    $ \begin{align} 18\frac{1}{6}-9\frac{1}{4} & =
    18-9+\dfrac{1}{6}-\dfrac{1}{4} \\ & = 9+\dfrac{4}{24}-\dfrac{6}{24}
    \\ & = 9+\dfrac{4-6}{24} \\ & = 9+\dfrac{-2}{24} \\ & =
    8+1+\dfrac{-2}{24} \\ & = 8+\dfrac{24}{24}+\dfrac{-2}{24} \\ & =
    8+\dfrac{24-2}{24} \\ & = 8+\dfrac{22}{24} \\ & =
    8\dfrac{22}{24}=8\dfrac{11}{12} \end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 8\dfrac{11}{12}\ m$






6. Soal UNBK Matematika SMP Tahun 2019



Urutan pecahan terkecil ke terbesar dari bilangan $0,6\ ;\ 55\%\ ;\
\dfrac{2}{3}\ ;\ 0,54$ adalah...

$\begin{align}

(A)\ & 55\%\ ;\ 0,54\ ;\ 0,6\ ;\ \dfrac{2}{3} \\

(B)\ & 0,54\ ;\ 55\%\ ;\ 0,6\ ;\ \dfrac{2}{3} \\

(C)\ & \dfrac{2}{3}\ ;\ 0,6\ ;\ 55\%\ ;\ 0,54 \\

(D)\ & 0,54\ ;\ 55\%\ ;\ \dfrac{2}{3};\ 0,6\

\end{align}$


Alternatif Pembahasan:


Untuk membandingkan nilai dua pecahan atau lebih salah satu alternatifnya
adalah dengan mengubah salah satu nilai pembilang atau penyebut menjadi
sama dengan catatan tidak merubah nilai pecahan.


Misal kita membandingkan bilangan di atas;



  • $55\%=\dfrac{55}{100}=\dfrac{330}{600}$

  • $\dfrac{2}{3}=\dfrac{40}{60}=\dfrac{400}{600}$

  • $0,54=\dfrac{54}{100}=\dfrac{324}{600}$

  • $0,6=\dfrac{60}{100}=\dfrac{360}{600}$



Dari pecahan di atas kita sudah bisa urutkan dari terkecil ke terbesar
yaitu $\dfrac{324}{600},\ \dfrac{330}{600},\ \dfrac{360}{600},\
\dfrac{400}{600}$ atau $0,54\ ;\ 55\%\ ;\ 0,6\ ;\ \dfrac{2}{3}$




$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 0,54\ ;\ 55\%\ ;\ 0,6\ ;\
\dfrac{2}{3}$






7. Soal UN Matematika SMP 2011



Urutan pecahan terkecil ke terbesar dari $0,45\ ;\ 0,85\ ;\ \dfrac{7}{8}\ ;\
78\%$ adalah...

$\begin{align}

(A)\ & 0,45\ ;\ 78\%\ ;\ \dfrac{7}{8}\ ;\ 0,85 \\

(B)\ & 0,45\ ;\ 78\%\ ;\ 0,85\ ;\ \dfrac{7}{8} \\

(C)\ & 0,85\ ;\ \dfrac{7}{8}\ ;\ 78\%\ ;\ 0,45 \\

(D)\ & \dfrac{7}{8}\ ;\ 0,85\ ;\ 78\% \dfrac{7}{8}

\end{align}$


Pembahasan:


Untuk membandingkan nilai dua pecahan atau lebih salah satu alternatifnya
adalah dengan mengubah salah satu nilai pembilang atau penyebut menjadi
sama dengan catatan tidak merubah nilai pecahan.


Misal kita membandingkan bilangan di atas;



  • $78\%=\dfrac{78}{100}=\dfrac{624}{800}$

  • $\dfrac{7}{8}=\dfrac{70}{80}=\dfrac{700}{800}$

  • $0,45=\dfrac{45}{100}=\dfrac{360}{800}$

  • $0,85=\dfrac{85}{100}=\dfrac{680}{800}$



Dari pecahan di atas kita sudah bisa urutkan dari terkecil ke terbesar
yaitu $\dfrac{360}{800},\ \dfrac{624}{800},\ \dfrac{680}{800},\
\dfrac{700}{800}$ atau $0,45\ ;\ 78\%\ ;\ 0,85\ ;\ \dfrac{7}{8}$





$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 0,45\ ;\ 78\%\ ;\ 0,85\ ;\
\dfrac{7}{8}$








8. Soal Bilangan Pecahan



Nilai dari $\left (1-\dfrac{1}{2} \right )\left (1-\dfrac{1}{3} \right
)\left (1-\dfrac{1}{4} \right ) \cdots \left (1-\dfrac{1}{2016} \right )$
adalah...

$(A)\ \dfrac{1}{2011}$

$(B)\ \dfrac{1}{2013}$

$(C)\ \dfrac{1}{2015}$

$(D)\ \dfrac{1}{2016}$


Alternatif Pembahasan:


Eksplorasi:

$\left (1-\dfrac{1}{2} \right )\left (1-\dfrac{1}{3} \right )\left
(1-\dfrac{1}{4} \right )\ \cdots \left (1-\dfrac{1}{2016} \right )$



  • $1-\dfrac{1}{2}=\dfrac{2}{2}-\dfrac{1}{2}=\dfrac{1}{2}$

  • $1-\dfrac{1}{3}=\dfrac{3}{3}-\dfrac{1}{3}=\dfrac{2}{3}$

  • $1-\dfrac{1}{4}=\dfrac{4}{4}-\dfrac{1}{4}=\dfrac{3}{4}$

  • $\vdots$

  • $1-\dfrac{1}{2015}=\dfrac{2015}{2015}-\dfrac{1}{2015}=\dfrac{2014}{2015}$


  • $1-\dfrac{1}{2016}=\dfrac{2016}{2016}-\dfrac{1}{2016}=\dfrac{2015}{2016}$


Dari hasil eksplorasi diatas, soal bisa kita tuliskan menjadi;

$\left (1-\dfrac{1}{2} \right )\left (1-\dfrac{1}{3} \right )\left
(1-\dfrac{1}{4} \right )\ \cdots \left (1-\dfrac{1}{2016} \right )$

$=\dfrac{1}{2} \cdot \dfrac{2}{3} \cdot \dfrac{3}{4}\ \cdots
\dfrac{2014}{2015} \cdot \dfrac{2015}{2016}$

$=\dfrac{1}{{\color{Red} 2}} \cdot \dfrac{{\color{Red} 2}}{{\color{Red} 3}}
\cdot \dfrac{{\color{Red} 3}}{{\color{Red} 4}}\ \cdots \dfrac{{\color{Red}
2\color{Red}0\color{Red}1\color{Red}4}}{{\color{Red}2\color{Red}0\color{Red}1\color{Red}5}}
\cdot \dfrac{{\color{Red} 2\color{Red}0\color{Red}1\color{Red}5}}{2016}$

$=\dfrac{1}{2016}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ \dfrac{1}{2016}$







9. Soal Bilangan Pecahan



Jika $x=2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{x}}}}$ maka nilai
$x$ adalah...

$\begin{align}

(A)\ & 3 \\ (B)\ & 4 \\ (C)\ & 5 \\ (D)\ & 6

\end{align}$


Alternatif Pembahasan:


Bentuk soal $x=2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{x}}}}$
ekuivalen dengan bentuk soal
$x=2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{\cdots}}}}$ sehingga

persamaan $x=2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{2+\dfrac{3}{x}}}}$

dapat kita ubah mejadi:

$\begin{align}

x & = 2+\dfrac{3}{x} \\ x^{2} & = 2x+3 \\ x^{2} -2x -3 & = 0
\\ (x+1)(x-3) & = 0 \\ x & = -1\ \text{(TM)} \\ x & = 3

\end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 3$






10. Soal UNBK Matematika SMP 2018 



Hasil dari $\dfrac{\frac{2}{3}+\frac{4}{5}}{\frac{2}{3}-\frac{4}{5}}$
adalah...

$\begin{align}

(A)\ & 11 \\

(B)\ & 1 \\

(C)\ & -1 \\

(D)\ & -11

\end{align}$


Alternatif Pembahasan:


$\begin{align}

& \dfrac{\frac{2}{3}+\frac{4}{5}}{\dfrac{2}{3}-\frac{4}{5}} \\

& = \dfrac{\frac{2 \times 5 + 4 \times 3}{3 \times 5}}{\frac{2 \times
5 - 4 \times 3}{3 \times 5}} \\

& = \dfrac{\frac{10 + 12}{15}}{\frac{10 - 12}{15}} \\

& = \dfrac{\frac{22}{15}}{\frac{-2}{15}} \\

& = \dfrac{22}{-2}=-11

\end{align}$



$\therefore$ Hasil
$\frac{\frac{2}{3}+\frac{4}{5}}{\frac{2}{3}-\frac{4}{5}}$ adalah $(D)\
-11$






11. Soal UN Matematika SMP 2011



Ibu membeli $40\ kg$ gula pasir. Gula itu akan dijual eceran dengan
dibungkus plastik masing-masing beratnya $\dfrac{1}{4}\ kg$. Banyak kantong
plastik berisi gula yang diperlukan adalah...


$\begin{align} (A)\ & 10\ \text{kantong} \\ (B)\ & 80\
\text{kantong} \\ (C)\ & 120\ \text{kantong} \\ (D)\ & 160\
\text{kantong} \end{align}$




Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi dari soal dapat kita peroleh:



Banyak kantong gula yang diperlukan adalah

$ \begin{align} 40 : \dfrac{1}{4} & = 40 \times \dfrac{4}{1} \\ &
= 160 \end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 160\ \text{kantong}$






12. Soal UN Matematika SMP 2010



Ina membagikan $12\ kg$ kopi kepada beberapa orang. Jika tiap orang mendapat
$\dfrac{1}{4}\ kg$ kopi, maka banyak orang yang menerima kopi adalah...


$\begin{align} (A)\ & 3\ \text{orang} \\ (B)\ & 16\ \text{orang}
\\ (C)\ & 24\ \text{orang} \\ (D)\ & 48\ \text{orang} \end{align}$




Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi dari soal dapat kita peroleh:



Banyak orang yang mendapatkan kopi adalah

$ \begin{align} 12 : \dfrac{1}{4} & = 12 \times \dfrac{4}{1} \\ &
= 48 \end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 48\ \text{orang}$






13. Soal Simulasi UNBK Matematika SMP 2019



Pak Anton memiliki lahan seluas $1\dfrac{1}{4}$ hektar, kemudian ia membeli
tanah lagi seluas $4\dfrac{1}{6}$ hektar. Lahan tersebut akan dibagi untuk
ditanam berbagai tanaman. Jika luas masing-masing lahan tanaman
$1\dfrac{1}{12}$ hektar, maka banyak jenis tanaman yang dapat ditanam
dilahan Pak Anton adalah...

$\begin{align}

(A)\ & 3\ \text{jenis} \\

(B)\ & 4\ \text{jenis} \\

(C)\ & 5\ \text{jenis} \\

(D)\ & 6\ \text{jenis}

\end{align}$




Alternatif Pembahasan:


Total lahan yang dimiliki Pak Anton adalah $1 \frac{1}{4} + 4 \frac{1}{6} =
5 \frac{5}{12} $



Lalu akan ditanami satu jenis tanaman masing-masing seluas $1\dfrac{1}{12}$,
maka jenis tanaman yang dapat ditanam adalah:

$5 \frac{5}{12} : 1\dfrac{1}{12}=5$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 5\ \text{jenis} $






14. Soal Bilangan Pecahan



Jika kebalikan dari $\dfrac{3}{10}$ adalah $(\dfrac{1}{x}+1)$. Maka nilai dari
$x$ adalah...

$\begin{align}

(A)\ & \dfrac{7}{3} \\ (B)\ & \dfrac{3}{13} \\ (C)\ & \dfrac{3}{7}
\\ (D)\ & \dfrac{5}{3}

\end{align}$


Alternatif Pembahasan:


kebalikan dari $\dfrac{3}{10}$ adalah $(\dfrac{1}{x}+1)$

$\begin{align}

\dfrac{10}{3} &= \dfrac{1}{x}+1 \\ 3\dfrac{1}{3} &= \dfrac{1}{x}+1
\\ 2\dfrac{1}{3}+1 &= \dfrac{1}{x}+1 \\ \dfrac{7}{3}+1 &=
\dfrac{1}{x}+1 \\ x &=\dfrac{3}{7}

\end{align}$



$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ \dfrac{3}{7}$





Posting Komentar untuk "Bilangan Pecahan | SMP | Soal dan Pembahasan "