/* ===== Judul Sidebar ===== */ .sidebar-title { font-family: 'Poppins', sans-serif; font-size: 16px; color: #222; border-left: 5px solid #007bff; padding-left: 10px; margin-bottom: 8px; font-weight: 600; } /* ===== Container Scrolling ===== */ .scroll-post-container { position: relative; height: 180px; /* tinggi area scroll */ overflow: hidden; background: #f8f9fa; border-radius: 8px; padding: 10px; box-shadow: 0 2px 5px rgba(0,0,0,0.1); } .scroll-post-container ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; animation: scroll-up 15s linear infinite; } .scroll-post-container li { padding: 6px 0; font-size: 14px; border-bottom: 1px dashed #ccc; } .scroll-post-container a { color: #333; text-decoration: none; transition: color 0.3s; } .scroll-post-container a:hover { color: #007bff; text-decoration: underline; } /* Animasi scroll ke atas */ @keyframes scroll-up { 0% { transform: translateY(0); } 100% { transform: translateY(-100%); } } /* Responsif */ @media (max-width: 768px) { .scroll-post-container { height: 140px; } }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Relasi dan Fungsi #2

Soal berikut ini merupakan soal-soal untuk materi relasi dan fungsi yang
disarankan kepada siswa SMP-sederajat untuk dipelajari, dipahami, serta
didiskusikan, terutama untuk menguatkan pemahaman konsep, latihan soal
dalam  persiapan ulangan di sekolah. 




Bentuk Soal Pilihan Ganda



Soal Nomor 1


Relasi yang tepat untuk menjelaskan hubungan himpunan Q ke himpunan P adalah
$⋯⋅$

A. akar pangkat tiga dari
B. pangkat tiga dari
C. kuadrat
dari
D. akar kuadrat dari



Soal Nomor 2
Perhatikan diagram panah berikut.
Relasi yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah ⋯⋅
A. dua
kali dari
B. setengah dari
C. satu kurangnya dari
D. kurang
dari

Soal Nomor 3
Relasi yang tepat untuk diagram
berikut adalah ⋯⋅
 
A. lebih dari 
B. kurang dari 
C. setengah dari
D. kuadrat dari


Soal Nomor 4
Perhatikan diagram berikut ini.
Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah ⋯⋅
A. faktor
dari 

B. lebih dari 

C. kurang dari

D. setengah dari

Soal Nomor 5
Perhatikan relasi
berikut.
(1). ${(1,a),(2,a),(3,a),(4,a)}$
(2). $
{(2,b),(3,c),(4,d),(2,e)}$

(3). ${(3,6),(4,6),(5,10),(3,12)}$

(4). $ {(1,5),(3,7),(5,9),(3,11)}$

Relasi di atas yang termasuk pemetaan adalah ⋯⋅

A. (1) 
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal Nomor 6
Dari keempat himpunan
berikut:
P={(1,1),(2,0),(2,1)}

Q={(1,1),(3,2),(5,2)}

R={(5,a),(5,b),(4,c)}

S={(1,6),(1,5),(1,4)}
Himpunan pasangan berurut yang merupakan
pemetaan (fungsi) adalah ⋯⋅
A. P

B. Q 

C. R
D. S


Soal Nomor 7
Diketahui $A=\left\{a,b,c \right\}$
dan $B=\left\{1, 2, 3, 4, 5\right\}$. Banyak pemetaan yang mungkin
dari A ke B adalah ⋯⋅

A. 15

B. 32 

C. 125

D. 243

Soal Nomor 8
Diketahui A={faktor dari
6} dan B={kelipatan 2 yang kurang dari 8}. Banyak pemetaan yang
mungkin dari B ke A adalah ⋯⋅
A. 3

B. 64

C. 81

D. 100

Soal Nomor 9
Suatu fungsi
didefinisikan dengan rumus $f(x)=3−5x$. Nilai $f(−4)$ adalah ⋯⋅

A. −23 

B. −17 

C. 17

D. 23

Soal Nomor 10
Diketahui rumus fungsi
$f(x)=6−3x$. Nilai dari $f(5)+f(−4)$ adalah ⋯⋅

A. 18 
B. 9 

C. −15

D. −27



Soal Nomor 11
Diketahui fungsi $f(x)=3x^{2}−2x−5$.
Nilai $f(−12)$=⋯⋅

A. −414 

B. −314 

C. 314

D. 414

Soal Nomor 12
Diketahui $f(x)=6x−5$.
Nilai $f(3a+1)$ adalah ⋯⋅

A. $9a+1 $

B. $9a−4 $

C. $18a+1$

D. $18a−4$

Soal Nomor 13
Fungsi f dinyatakan
dengan $f(x)=3x+5$. Hasil dari $f(2b−3)$ adalah ⋯⋅

A. $5b+8 $
B. $5b+2 $

C. $6b−4$

D. $6b−15$

Soal Nomor 14
Diketahui fungsi
$f(x)$ linear. Jika fungsi $f(3x+2)=6x+10$, nilai $f(−5)$=⋯⋅

A. −20 
B. −4 

C. 16

D. 19

Soal Nomor 15
Suatu fungsi dirumuskan
oleh$ f(3x+3)=(x−4)(x+10)$. Nilai dari $f(21)$ adalah ⋯⋅

A. 18 
B. 22 

C. 32

D. 72

Soal Nomor 16
Diketahui rumus fungsi
$f(x)=2x+5$. Jika $f(a)=11$, nilai $a$ adalah ⋯⋅

A. 2 
B. 3 

C. 5

D. 6

Soal Nomor 17
Suatu fungsi $
f(x)=4x−1,f(a)=−9$, dan $f(2)=b$. Nilai $a−b$ adalah ⋯⋅

A. −9 
B. −5 

C. 5

D. 9

Soal Nomor 18
Fungsi f dinyatakan dengan
rumus $f(x)=4x+3$. Jika $f(a)=7$ dan $f(−2)=b$, maka nilai $a+b$
adalah ⋯⋅

A. 6 

B. 4 

C. −4

D. −6

Soal Nomor 19
Diketahui rumus fungsi $
f(x)=2x−3$. Jika $f(m)=5$ dan $f(−2)=n$, maka nilai $m+n$ adalah ⋯⋅

A. 5 

B. 2

C. −3

D. −6

Soal Nomor 20
Suatu fungsi f
dirumuskan dengan $f(x)=px+q$. Jika $f(2)=5$ dan $f(−2)=−11$, nilai
dari $ f(−6)$=⋯⋅

A. −27 

C. −9
B. −18 

D. −3






Soal Nomor 21
Perhatikan diagram panah berikut.





Rumus fungsi dari $A$ ke $B$ adalah ....
A. $f(x)=2x+7$
B. $f(x)=5x-12$
C. $f(x)=3x-2$
D. $f(x)=2x+3$


 




Uji setiap pilihan yang disediakan.
Pilihan A: $f(x) = 2x + 7$
Untuk
$x = 6$, diperoleh $f(6) = 2(6) + 7 = 19$ (salah), seharusnya $15$.
Pilihan
B: $f(x) = 5x- 12$
Untuk $x = 6$, diperoleh $f(6) = 5(6)-12 = 18$
(salah), seharusnya $15$.
Pilihan C: $f(x) = 3x- 2$
Untuk $x =
6$, diperoleh $f(6) = 3(6)-2= 16$ (salah), seharusnya $15$.
Pilihan
D: $f(x) = 2x + 3$
Untuk $x = 5$, diperoleh $f(5) = 2(5) + 3 = 13$
(benar).
Untuk $x = 6$, diperoleh $f(5) = 2(6) + 3 = 15$ (benar).
Untuk
$x = 8$, diperoleh $f(5) = 2(8) + 3 = 19$ (benar).
(Jawaban D)



Soal Nomor 22
Perhatikan diagram panah berikut.



Rumus fungsi dari $P$ ke $Q$ adalah ....
A. $f(x)=4(2x+5)$
B. $f(x)=3(2x+3)$
C. $f(x)=2(3x+9)$
D. $f(x)=\dfrac12(6x+18)$




Uji setiap pilihan yang disediakan.
Pilihan A: $f(x) = 4(2x + 5)$
Untuk
$x = 2$, diperoleh $f(2) = 4(2(2) + 5) = 4(9) = 36$ (salah), seharusnya
$21$.
Pilihan B: $f(x) = 3(2x+3)$
Untuk $x = 2$, diperoleh $f(2)
= 3(2(2) + 3) = 3(7) = 21$ (benar).
Untuk $x = 6$, diperoleh $f(6) =
3(2(6) + 3) = 3(15) = 45$ (benar).
Untuk $x = 10$, diperoleh $f(10) =
3(2(10) + 3) = 3(23) = 69$ (benar).
Pilihan C: $f(x) = 2(3x + 9)$
Untuk
$x = 2$, diperoleh $f(2) = 2(3(2) + 9) = 2(15) = 30$ (salah), seharusnya
$21$.
Pilihan D: $f(x) =\dfrac12(6x + 18) = 3x + 9$
Untuk $x =
2$, diperoleh $f(2) = 3(2) + 9 = 15$ (salah), seharusnya $21$.
(Jawaban B)




Soal Nomor 23
Grafik dari dua fungsi linear $f(x) =
\dfrac{1}{a}x+b$ dan $h(x)=bx-a$ berupa garis yang sejajar. Nilai-nilai yang
mungkin untuk $b-a$ jika $\dfrac{h(-1)}{f(1)} = -\dfrac52$ adalah ....
A. $\pm \dfrac12$ 

B. $\pm \dfrac32$ 

C. $\pm \dfrac52$

D. $\pm \dfrac72$





Diketahui $f(x) = \dfrac{1}{a}x+b$ dan $h(x)=bx-a$. Karena grafik $f(x)$
dan $h(x)$ sejajar, maka gradiennya harus sama, yaitu $m_f = m_g
\Rightarrow \dfrac{1}{a} = b$, ekuivalen dengan $ab = 1$.

$\begin{aligned} \dfrac{h(-1)}{f(1)} & = -\dfrac52 \\
\dfrac{b(-1)-a}{\dfrac{1}{a}(1)+b} & = -\dfrac52 \\
\dfrac{-a-b}{\dfrac{1}{a}+b} & = -\dfrac52 \\ \text{Kalikan
kedua}~&\text{ruas dengan}~-1 \\ \dfrac{a+b}{\dfrac{1}{a}+b}
\color{blue}{\times \dfrac{a}{a}} & = \dfrac52 \\ \dfrac{a^2+ab}{1+ab}
& = \dfrac52 \\ \text{Substitusi}~& ab = 1 \\ \dfrac{a^2+1}{1+1}
& = \dfrac52 \\ \dfrac{a^2+1}{2} & = \dfrac52 \\ a^2+1 & = 5
\\ a^2 & = 4 \\ a & = \pm 2 \end{aligned}$
Kita peroleh dua
nilai yang mungkin untuk $a$, yaitu $a = 2$ atau $a = -2$. Dari $ab = 1$,
kita bisa tentukan nilai $b$.
Jika $a = 2$, maka diperoleh $b =
\dfrac12$ sehingga $b-a = \dfrac12-2 = -\dfrac32$.
Jika $a = -2$,
maka diperoleh $b = -\dfrac12$ sehingga $b-a=-\dfrac12-(-2) =
\dfrac32$.

Dengan demikian, akan ada dua nilai untuk $b-a$,
yaitu $\boxed{\pm \dfrac32}$
(Jawaban B)


Soal Nomor 24
Diketahui $H(\sqrt{x+5}) = x$ dan $H(x^2) = x^a-b$.
Nilai dari $a+b= ....
A. $16$ 

B. $9$ 

C. $4$

D. $3$

 



Diketahui $H(\sqrt{x+5}) = x$.
Ubahlah $x \to x-5$ sehingga
didapat
$\begin{aligned} H\left(\sqrt{(x-5)+5}\right) & = x-5 \\
H(\sqrt{x}) = x-5 \end{aligned}$
Ubahlah $x \to x^4$ sehingga
diperoleh
$\begin{aligned} H(\sqrt{x^4}) & = x^4-5 \\ H(x^2)
& = x^4-5 \end{aligned}$
Dengan demikian, diperoleh bahwa $a=4$
dan $b=5$ sehingga nilai $\boxed{a+b=4+5=9}$
(Jawaban B)









🎯Terimakasih, anda telah membaca postingan dengan judul:

πŸ“š "Latihan Soal Relasi dan Fungsi #2", semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

"Matematika adalah bahasa yang digunakan alam untuk berbicara dengan kita." 😊- Galileo Galilei