Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh TKA BAHASA INDONESIA - SMP

Informasi TKA Bahasa Indonesia SMP/MTs

Berdasarkan informasi yang dibagikan PUSPENDIK (Pusat Asesmen Pendidikan) melalui laman resmi pusmendik.kemdikbud.go.id/tka, disampaikan bahwa Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bahasa Indonesia SMP/MTs Sederajat difokuskan pada keterampilan membaca.

Muatan Bahasa Indonesia SMP/MTs Sederajat

Keterampilan membaca diujikan pada dua jenis teks, yaitu:

  1. Teks informasi

    • Berisi fakta, konsep, atau prosedur dari berbagai bidang/topik berskala lokal, nasional, atau global.

    • Dapat berupa teks tunggal maupun teks jamak.

  2. Teks fiksi

    • Merupakan cerita rekaan yang bisa bersifat faktual (sejarah/biografi) maupun realisme.

    • Memiliki latar cerita konkret atau abstrak, tokoh berkarakter bulat, konflik tunggal atau jamak, alur campuran, penyelesaian tertutup, dan sudut pandang orang ketiga.

Karakteristik Teks TKA

  • Kosakata: kata umum, kata berimbuhan/konfiks, kata abstrak, makna denotatif, istilah teknis, makna konotatif sesuai konteks.

  • Kalimat: 5–9 kata per kalimat, kalimat tunggal berbagai pola, kalimat majemuk setara.

  • Wacana: kohesi (penyulihan/substitusi), konjungsi antarparagraf (perbandingan, penekanan/intensifikasi), tanda baca mendukung deskripsi. Panjang teks ±200–250 kata (kecuali puisi).

Matriks Asesmen Bahasa Indonesia SMP/MTs

  1. Pemahaman Tekstual

  2. Pemahaman Inferensial

  3. Evaluasi dan Apresiasi


Contoh Soal TKA Bahasa Indonesia SMP/MTs

Jumlah Soal: 6 butir
Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling benar. Jika terdapat lebih dari satu jawaban benar, pilihlah yang paling tepat.

Soal 1

Kosakata yang menggambarkan keserasian suara deburan alam pada teks ulasan ke-1 ditunjukkan pada frasa ....

TEKS 1

TEKS 2


A. alternatif wisata
B. kanvas alam
C. panggung cahaya
D. harmoni alam
Lihat Pembahasan

Jawaban: D
Kata harmoni berarti keselarasan atau keserasian, sesuai dengan bunyi deburan alam yang berpadu indah.

Soal 2

Apa saja perbedaan informasi yang ada pada kedua teks ulasan?

1. Kemudahan akses
2. Fasilitas yang tersedia
3. Tempat untuk berfoto
4. Keindahan saat senja

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Lihat Pembahasan

Jawaban: D
Perbedaan utama ada pada informasi tempat untuk berfoto dan keindahan saat senja.

Soal 3

Mengapa pernyataan Banu lebih tepat untuk menggambarkan keunggulan teks ulasan kedua?

1. Gaya penyajian menggunakan bahasa nonformal sehingga lebih santai.
2. Penyajian gambar membuat pembaca lebih tertarik.
3. Akhir ulasan dilengkapi kalimat ajakan.

A. (1) Salah, (2) Salah, (3) Salah
B. (1) Salah, (2) Salah, (3) Benar
C. (1) Benar, (2) Salah, (3) Salah
D. (1) Benar, (2) Benar, (3) Salah
Lihat Pembahasan

Jawaban: C
Keunggulan teks kedua ada pada gaya bahasa nonformal yang lebih santai dan dekat dengan pembaca.

Teks untuk soal nomor 4 s.d. 6!

Soal 4

Pilihan kata mana saja yang menunjukkan latar waktu pada puisi?

1. Bukit-bukit desa
2. Sebelum hari bermula
3. Akar-akar yang melata
4. Berlomba dengan surya

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Lihat Pembahasan

Jawaban: C
Frasa sebelum hari bermula dan berlomba dengan surya menunjukkan keterangan waktu.

Soal 5

Apa makna merebut hidup di pasar-pasar kota pada puisi tersebut?

A. Kegigihan dan perjuangan perempuan dalam bekerja
B. Keuletan dan pencapaian seseorang dalam bekerja
C. Aktivitas keseharian perempuan yang bekerja di pasar
D. Tanggung jawab perempuan pada keluarga
Lihat Pembahasan

Jawaban: A
Ungkapan tersebut menggambarkan perjuangan perempuan dalam mencari nafkah dengan penuh semangat.

Soal 6

Pendapat siapa yang tepat untuk menggambarkan suasana haru setelah membaca puisi?

1. Dina – menunjukkan kekaguman.
2. Mira – sependapat dengan Dina.
3. Tika – menunjukkan rasa empati.

A. (1) Tidak Setuju, (2) Tidak Setuju, (3) Tidak Setuju
B. (1) Tidak Setuju, (2) Tidak Setuju, (3) Setuju
C. (1) Setuju, (2) Setuju, (3) Tidak Setuju
D. (1) Setuju, (2) Setuju, (3) Tidak Setuju
Lihat Pembahasan

Jawaban: B
Suasana haru tampak pada pendapat Tika yang menunjukkan rasa empati kepada perempuan pekerja.