/* ===== Judul Sidebar ===== */ .sidebar-title { font-family: 'Poppins', sans-serif; font-size: 16px; color: #222; border-left: 5px solid #007bff; padding-left: 10px; margin-bottom: 8px; font-weight: 600; } /* ===== Container Scrolling ===== */ .scroll-post-container { position: relative; height: 180px; /* tinggi area scroll */ overflow: hidden; background: #f8f9fa; border-radius: 8px; padding: 10px; box-shadow: 0 2px 5px rgba(0,0,0,0.1); } .scroll-post-container ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; animation: scroll-up 15s linear infinite; } .scroll-post-container li { padding: 6px 0; font-size: 14px; border-bottom: 1px dashed #ccc; } .scroll-post-container a { color: #333; text-decoration: none; transition: color 0.3s; } .scroll-post-container a:hover { color: #007bff; text-decoration: underline; } /* Animasi scroll ke atas */ @keyframes scroll-up { 0% { transform: translateY(0); } 100% { transform: translateY(-100%); } } /* Responsif */ @media (max-width: 768px) { .scroll-post-container { height: 140px; } }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi dan Soal Latihan Akhir Semester Kelas VIII

Kisi-Kisi dan Soal Latihan Akhir Semester Kelas VIII

BAB 1: BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR

Soal 1
Menentukan bentuk perkalian berulang dari suatu bilangan berpangkat
Bentuk perkalian berulang dari \( 7^4 \) adalah...
A. \( 4 \times 4 \times 4 \times 4 \times 4 \times 4 \times 4 \)
B. \( 7 \times 7 \times 7 \times 7 \)
C. \( 7 \times 4 \)
D. \( 4 \times 7 \)
Soal 2
Mengubah bilangan berpangkat negatif menjadi pangkat positif
Bentuk positif dari \( 5^{-3} \) adalah...
A. \( \frac{1}{125} \)
B. \( -125 \)
C. \( \frac{1}{15} \)
D. \( 125 \)
Soal 3
Menentukan hasil pemangkatan bilangan dengan sifat-sifat bilangan berpangkat
[GAMBAR: Ilustrasi bilangan berpangkat]
Hasil dari \( (2^3)^2 \) adalah...
A. \( 32 \)
B. \( 64 \)
C. \( 128 \)
D. \( 256 \)
Soal 4
Menentukan hasil pemangkatan bilangan dengan sifat-sifat bilangan berpangkat
Hasil dari \( 2^4 \times 2^5 \) adalah...
A. \( 2^9 \)
B. \( 4^9 \)
C. \( 8^{20} \)
D. \( 16^9 \)
Soal 5
Menentukan penyelesaian suatu persamaan bilangan berpangkat positif
Nilai \( x \) dari persamaan \( 3^x = 81 \) adalah...
A. \( 3 \)
B. \( 4 \)
C. \( 5 \)
D. \( 6 \)
Soal 6
Menentukan hasil suatu bilangan negatif dengan pangkat positif
[GAMBAR: Bilangan negatif dengan pangkat]
Hasil dari \( (-4)^3 \) adalah...
A. \( -64 \)
B. \( 64 \)
C. \( -12 \)
D. \( 12 \)
Soal 7
Menentukan bentuk notasi ilmiah suatu bilangan
Bentuk notasi ilmiah dari 450.000 adalah...
A. \( 4,5 \times 10^5 \)
B. \( 45 \times 10^4 \)
C. \( 4,5 \times 10^{-5} \)
D. \( 0,45 \times 10^6 \)
Soal 8
Menentukan bilangan dari suatu notasi ilmiah
Bilangan biasa dari \( 3,2 \times 10^{-3} \) adalah...
A. 0,0032
B. 0,032
C. 0,32
D. 3200

BAB 2: BENTUK AKAR

Soal 9
Menyederhanakan bentuk akar
Bentuk sederhana dari \( \sqrt{50} \) adalah...
A. \( 2\sqrt{5} \)
B. \( 5\sqrt{2} \)
C. \( 10\sqrt{5} \)
D. \( 25\sqrt{2} \)
Soal 10
Menentukan hasil operasi hitung pengurangan bentuk akar
[GAMBAR: Operasi pengurangan akar]
Hasil dari \( 5\sqrt{3} - 2\sqrt{3} \) adalah...
A. \( 3\sqrt{3} \)
B. \( 3\sqrt{6} \)
C. \( 7\sqrt{3} \)
D. \( 7\sqrt{6} \)
Soal 11
Menentukan hasil operasi hitung pengurangan bentuk akar
Hasil dari \( 7\sqrt{2} - 3\sqrt{2} + 2\sqrt{2} \) adalah...
A. \( 6\sqrt{2} \)
B. \( 6\sqrt{6} \)
C. \( 12\sqrt{2} \)
D. \( 12\sqrt{6} \)
Soal 12
Menentukan hasil operasi hitung perkalian bentuk akar
Hasil dari \( \sqrt{6} \times \sqrt{3} \) adalah...
A. \( \sqrt{18} \)
B. \( 3\sqrt{2} \)
C. \( 2\sqrt{3} \)
D. \( 9\sqrt{2} \)
Soal 13
Menentukan hasil operasi hitung pembagian bentuk akar
[GAMBAR: Operasi pembagian akar]
Hasil dari \( \frac{\sqrt{48}}{\sqrt{3}} \) adalah...
A. \( 4 \)
B. \( 4\sqrt{3} \)
C. \( 16 \)
D. \( 16\sqrt{3} \)
Soal 14
Menentukan hasil operasi hitung pembagian bentuk akar
Hasil dari \( \frac{\sqrt{75}}{\sqrt{3}} \) adalah...
A. \( 5 \)
B. \( 5\sqrt{3} \)
C. \( 15 \)
D. \( 25 \)
Soal 15
Merasionalkan bentuk akar
Bentuk rasional dari \( \frac{6}{\sqrt{3}} \) adalah...
A. \( 2\sqrt{3} \)
B. \( 3\sqrt{2} \)
C. \( 6\sqrt{3} \)
D. \( 12\sqrt{3} \)
Soal 16
Merasionalkan bentuk akar
[GAMBAR: Pecahan dengan bentuk akar]
Bentuk rasional dari \( \frac{10}{\sqrt{5}} \) adalah...
A. \( 2\sqrt{5} \)
B. \( 5\sqrt{2} \)
C. \( 10\sqrt{5} \)
D. \( 20\sqrt{5} \)

BAB 3: TEOREMA PYTHAGORAS

Soal 17
Mengidentifikasi bentuk persamaan pythagoras
[GAMBAR: Segitiga siku-siku dengan sisi a, b, c]
Persamaan Pythagoras yang benar untuk segitiga siku-siku adalah...
A. \( a^2 = b^2 + c^2 \)
B. \( c^2 = a^2 + b^2 \)
C. \( b^2 = a^2 + c^2 \)
D. \( a^2 = b^2 - c^2 \)
Soal 18
Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema pythagoras
Pada segitiga siku-siku, jika panjang sisi siku-siku 6 cm dan 8 cm, maka panjang sisi miringnya adalah...
A. 10 cm
B. 12 cm
C. 14 cm
D. 16 cm
Soal 19
Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema pythagoras
[GAMBAR: Segitiga siku-siku dengan sisi miring 13 cm dan satu sisi 5 cm]
Panjang sisi siku-siku yang lain adalah...
A. 8 cm
B. 10 cm
C. 12 cm
D. 15 cm
Soal 20
Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan segitiga siku-siku sudut istimewa (30°, 60°, 90°)
Pada segitiga siku-siku dengan sudut 30° dan 60°, jika sisi terpendek 5 cm, maka panjang sisi miringnya adalah...
A. 5 cm
B. 10 cm
C. \( 5\sqrt{3} \) cm
D. \( 10\sqrt{3} \) cm
Soal 21
Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan segitiga siku-siku sudut istimewa (45°, 45°, 90°)
[GAMBAR: Segitiga siku-siku sama kaki]
Pada segitiga siku-siku sama kaki, jika panjang sisi siku-siku 7 cm, maka panjang sisi miringnya adalah...
A. \( 7\sqrt{2} \) cm
B. \( 7\sqrt{3} \) cm
C. 14 cm
D. 21 cm
Soal 22
Menentukan bentuk segitiga (lancip, tumpul, siku-siku) dari sisi-sisi yang diketahui
Segitiga dengan panjang sisi 8 cm, 15 cm, dan 17 cm adalah segitiga...
A. Lancip
B. Tumpul
C. Siku-siku
D. Sama sisi
Soal 23
Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan teorema pythagoras
[GAMBAR: Tangga bersandar di tembok]
Sebuah tangga panjangnya 10 m bersandar di tembok. Jika jarak kaki tangga ke tembok 6 m, maka tinggi tembok yang dicapai tangga adalah...
A. 6 m
B. 7 m
C. 8 m
D. 9 m
Soal 24
Mengidentifikasi kelompok bilangan yang termasuk ke dalam tripel pythagoras
Manakah kelompok bilangan berikut yang merupakan tripel Pythagoras?
A. 5, 12, 13
B. 6, 8, 11
C. 7, 9, 12
D. 8, 15, 18

BAB 4: PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Soal 25
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
Nilai \( x \) dari persamaan \( 2x + 5 = 11 \) adalah...
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
Soal 26
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
[GAMBAR: Persamaan linear]
Penyelesaian dari \( 3x - 7 = 8 \) adalah...
A. \( x = 3 \)
B. \( x = 4 \)
C. \( x = 5 \)
D. \( x = 6 \)
Soal 27
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
Nilai \( x \) dari \( 4(x - 3) = 20 \) adalah...
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
Soal 28
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
Penyelesaian dari \( \frac{2x}{3} = 10 \) adalah...
A. 12
B. 15
C. 18
D. 20
Soal 29
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
[GAMBAR: Persamaan dengan variabel x]
Nilai \( x \) dari \( 5x + 3 = 2x + 15 \) adalah...
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Soal 30
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
Penyelesaian dari \( 7 - 3x = 16 \) adalah...
A. \( -3 \)
B. \( -2 \)
C. \( 2 \)
D. \( 3 \)
Soal 31
Menentukan model matematika dari suatu pernyataan yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
[GAMBAR: Ilustrasi soal cerita]
Model matematika dari "Tiga kali suatu bilangan dikurangi 5 hasilnya 16" adalah...
A. \( 3x - 5 = 16 \)
B. \( 3x + 5 = 16 \)
C. \( 5 - 3x = 16 \)
D. \( 5x - 3 = 16 \)
Soal 32
Menentukan penyelesaian dari suatu persamaan linear satu variabel
Jika \( 2(x + 4) = 3x - 1 \), maka nilai \( x \) adalah...
A. 7
B. 8
C. 9
D. 10

BAB 5: PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Soal 33
Mengidentifikasi bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Manakah yang merupakan pertidaksamaan linear satu variabel?
A. \( 2x + 3y > 5 \)
B. \( x^2 - 4 < 0 \)
C. \( 3x - 5 \geq 10 \)
D. \( 2x + 1 = 7 \)
Soal 34
Menentukan himpunan penyelesaian dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel
[GAMBAR: Pertidaksamaan linear]
Himpunan penyelesaian dari \( 2x - 3 < 7 \) adalah...
A. \( \{x \mid x < 5\} \)
B. \( \{x \mid x > 5\} \)
C. \( \{x \mid x < 2\} \)
D. \( \{x \mid x > 2\} \)
Soal 35
Menentukan penyelesaian dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel
Penyelesaian dari \( 4x + 5 \geq 17 \) adalah...
A. \( x \geq 3 \)
B. \( x \leq 3 \)
C. \( x \geq 4 \)
D. \( x \leq 4 \)
Soal 36
Menentukan himpunan penyelesaian dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel
Himpunan penyelesaian dari \( 5 - 2x > 1 \) adalah...
A. \( \{x \mid x < 2\} \)
B. \( \{x \mid x > 2\} \)
C. \( \{x \mid x < 3\} \)
D. \( \{x \mid x > 3\} \)
Soal 37
Menentukan penyelesaian dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel
[GAMBAR: Garis bilangan pertidaksamaan]
Penyelesaian dari \( 3(x - 2) \leq x + 4 \) adalah...
A. \( x \leq 5 \)
B. \( x \geq 5 \)
C. \( x \leq 3 \)
D. \( x \geq 3 \)
Soal 38
Menentukan penyelesaian dari suatu pertidaksamaan linear satu variabel
Nilai \( x \) yang memenuhi \( \frac{x}{2} + 3 < 6 \) adalah...
A. \( x < 6 \)
B. \( x > 6 \)
C. \( x < 3 \)
D. \( x > 3 \)
Soal 39
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
[GAMBAR: Soal cerita pertidaksamaan]
Umur Andi ditambah 5 kurang dari 20 tahun. Pertidaksamaan yang sesuai adalah...
A. \( x + 5 < 20 \)
B. \( x + 5 > 20 \)
C. \( x - 5 < 20 \)
D. \( x - 5 > 20 \)
Soal 40
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
Sebuah persegi panjang memiliki panjang \( (2x + 3) \) cm dan lebar 5 cm. Jika kelilingnya tidak lebih dari 30 cm, maka nilai \( x \) adalah...
A. \( x \leq 2 \)
B. \( x \geq 2 \)
C. \( x \leq 3,5 \)
D. \( x \geq 3,5 \)
Semoga soal-soal ini sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan untuk persiapan sumatif akhir semester.

🎯Terimakasih, anda telah membaca postingan dengan judul:

πŸ“š "Kisi-Kisi dan Soal Latihan Akhir Semester Kelas VIII", semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

"Matematika adalah bahasa yang digunakan alam untuk berbicara dengan kita." 😊- Galileo Galilei