/* ===== Judul Sidebar ===== */ .sidebar-title { font-family: 'Poppins', sans-serif; font-size: 16px; color: #222; border-left: 5px solid #007bff; padding-left: 10px; margin-bottom: 8px; font-weight: 600; } /* ===== Container Scrolling ===== */ .scroll-post-container { position: relative; height: 180px; /* tinggi area scroll */ overflow: hidden; background: #f8f9fa; border-radius: 8px; padding: 10px; box-shadow: 0 2px 5px rgba(0,0,0,0.1); } .scroll-post-container ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; animation: scroll-up 15s linear infinite; } .scroll-post-container li { padding: 6px 0; font-size: 14px; border-bottom: 1px dashed #ccc; } .scroll-post-container a { color: #333; text-decoration: none; transition: color 0.3s; } .scroll-post-container a:hover { color: #007bff; text-decoration: underline; } /* Animasi scroll ke atas */ @keyframes scroll-up { 0% { transform: translateY(0); } 100% { transform: translateY(-100%); } } /* Responsif */ @media (max-width: 768px) { .scroll-post-container { height: 140px; } }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KUMPULAN SOAL UN MATEMATIKA SMP - PERSAMAAN & PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Classic-Word-Cloud-3 Kumpulan Soal UN Matematika SMP

KUMPULAN SOAL UN MATEMATIKA SMP

PERSAMAAN & PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. UNAS 1996/1997/No.4
Dua kali suatu bilangan jika ditambah dengan 5 hasilnya sama dengan 27. Kalimat matematika yang benar adalah ...
  • A. \( 2(x + 5) = 27 \)
  • B. \( 2x + 5 = 27 \)
  • C. \( 2(x + 27) = 5 \)
  • D. \( 2x + 27 = 5 \)
2. UNAS 2008/2009 Paket A/No.14
Diketahui persamaan \( 5x - 6 = 2x + 3 \). Nilai \( x + 5 \) adalah ...
  • A. 2
  • B. 3
  • C. 5
  • D. 8
3. PAKET KODE A UN 2010 No.11
Jika \( 2x + 7 = 5x - 11 \), maka nilai \( x + 3 \) adalah ...
  • A. -4
  • B. 4
  • C. 9
  • D. 14
4. UN MTK SMP 2010 KODE B P48 No.15
Jika \( x + 6 = 4x - 6 \), maka nilai \( x - 4 \) adalah ...
  • A. 0
  • B. 1
  • C. 2
  • D. 3
5. PAKET 12 UN 2011 No.7
Nilai \( x \) yang memenuhi persamaan \( \frac{1}{4}(x - 10) = \frac{2}{3}x - 5 \) adalah ...
  • A. -6
  • B. -4
  • C. 4
  • D. 6
6. PAKET A18 UN 2012 No.18
Jumlah tiga bilangan ganjil berurutan adalah 75. Jumlah bilangan terkecil dan terbesar adalah ...
  • A. 48
  • B. 50
  • C. 140
  • D. 142
7. PAKET 46 UN 2011 No.18
Penyelesaian persamaan linear \( \frac{1}{3}(x + 5) = \frac{1}{2}(2x - 1) \) adalah ...
  • A. \( \frac{13}{4} \)
  • B. \( \frac{7}{4} \)
  • C. \( \frac{7}{4} \)
  • D. \( \frac{13}{4} \)
8. PAKET B21 UN 2012 No.18
Jumlah tiga bilangan ganjil berurutan adalah 63. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil dari bilangan tersebut adalah ....
  • A. 38
  • B. 42
  • C. 46
  • D. 54
9. PAKET B21 UN 2012 No.18
Jumlah tiga bilangan ganjil berurutan adalah 39. Jumlah bilangan terkecil dan terbesar dari bilangan tersebut adalah ....
  • A. 22
  • B. 24
  • C. 26
  • D. 28
10. UN-MTK-SMP-2013
Jumlah tiga bilangan bulat berurutan adalah 96. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil adalah ....
  • A. 56
  • B. 62
  • C. 64
  • D. 68
11. UN-MTK-SMP-2013
Jumlah tiga bilangan genap berurutan 54. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil adalah ....
  • A. 34
  • B. 36
  • C. 38
  • D. 40
12. UN-MTK-SMP-2013
Jumlah tiga bilangan genap berurutan adalah 42. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil adalah ....
  • A. 12
  • B. 14
  • C. 28
  • D. 30
13. UN-MTK-SMP-2013
Tiga bilangan genap berurutan jumlahnya 78. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil adalah ....
  • A. 26
  • B. 34
  • C. 52
  • D. 54
14. UN-MTK-SMP-2013
Jumlah tiga bilangan genap berurutan adalah 162. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil adalah ....
  • A. 108
  • B. 106
  • C. 104
  • D. 102
15. UNAS 2000/2001/No.4
Himpunan penyelesaian dari \( 2x - 4 > 8 \) adalah ....
  • A. \(\{ x \mid x > 12, x \in B \}\)
  • B. \(\{ x \mid x > 6, x \in B \}\)
  • C. \(\{ x \mid x > 4, x \in B \}\)
  • D. \(\{ x \mid x > 2, x \in B \}\)
16. UNAS 2005/2006/No.4
Himpunan penyelesaian dari \(3x - 4 \leq 11\), dengan \(x \in\) himpunan bilangan asli adalah ...
  • A. \(\{1, 2, 3, 4\}\)
  • B. \(\{0, 1, 2, 3, 4\}\)
  • C. \(\{1, 2, 3, 4, 5\}\)
  • D. \(\{0, 1, 2, 3, 4, 5\}\)
17. UNAS 2006/2007/Paket A/No.8
  • A. \(x < -2\)
  • B. \(x < 2\)
  • C. \(x > 2\)
  • D. \(x > -2\)
18. PAKET D46 UN 2012 No.17
Himpunan penyelesaian dari \( -7p + 8 < 3p - 22 \), untuk \(p\) bilangan bulat adalah ...
  • A. \(\{..., -6, -5, -4\}\)
  • B. \(\{..., 0, 1, 2\}\)
  • C. \(\{2, -1, 0, ...\}\)
  • D. \(\{4, 5, 6, ...\}\)
19. PAKET B21 UN 2012 No.17
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan \(7x - 1 \leq 5x + 5\), dengan \(x \in\) bilangan cacah adalah ...
  • A. \(\{1, 2, 3\}\)
  • B. \(\{0, 2, 3\}\)
  • C. \(\{0, 1, 2, 3\}\)
  • D. \(\{1, 2, 3, 4\}\)
20. PAKET B21 UN 2012 No.17
Himpunan penyelesaian dari \(2x + 3 \leq x - 2\), untuk \(x\) bilangan bulat adalah ...
  • A. \(\{..., -8, -7, -6, -5}\)
  • B. \(\{..., -3, -2, -1, 0, 1}\)
  • C. \(\{5, -4, -3, -2, ...}\)
  • D. \(\{..., -1, 0, 1, 2}\)
21. EBT-SMP-92-15
Persamaan paling sederhana yang ekivalen dengan persamaan \(x - 2 = 8 - x\) adalah ...
  • A. \(x = 10\)
  • B. \(x = 8\)
  • C. \(x = 5\)
  • D. \(x = 3\)
22. EBT-SMP-93-03
Jika diketahui \(x + 5 = 11\), maka nilai \(x + 33\) adalah ...
  • A. 19
  • B. 29
  • C. 39
  • D. 49
23. EBT-SMP-93-13
Himpunan penyelesaian dari \(3x - (2 + 5x) \leq 16\), \(x \in R\) adalah ...
  • A. \(\{x \mid x \leq 2\frac{1}{4}, x \in R}\)
  • B. \(\{x \mid x \geq \frac{4}{9}, x \in R}\)
  • C. \(\{x \mid x \geq 9, x \in R}\)
  • D. \(\{x \mid x \leq 9, x \in R}\)
24. EBT-SMP-93-06
Himpunan penyelesaian dari \(2x+3 < 27 + 4x\) dengan \(x\) bilangan bulat adalah
  • A. \(\{x \mid x > -12, x \in B}\)
  • B. \(\{x \mid x > 4, x \in B}\)
  • C. \(\{x \mid x < 4, x \in B}\)
  • D. \(\{x \mid x < -12, x \in B\}\)
25. EBT-SMP-91-16
Himpunan penyelesaian dari \(2x+3 < 7, x \in A\) adalah ......
  • A. \(\{1, 2, 3, 4}\)
  • B. \(\{1, 2, 3, 4, 5}\)
  • C. \(\{5, 6, 7, 8, ...}\)
  • D. \(\{6, 7, 8, 9, ...}\)
26. EBT-SMP-90-33
Hasil penyederhanaan bentuk \(3(x-2) - 2(x+3)\) adalah ......
  • A. \(x+12\)
  • B. \(x-12\)
  • C. \(x+1\)
  • D. \(x-1\)
27. EBT-SMP-89-1
Himpunan penyelesaian dari \(5x - 1 = 4x + 10\), adalah ......
  • A. \(\{9\}\)
  • B. \(\{10\}\)
  • C. \(\{11\}\)
  • D. \(\{16\}\)
28. EBT-SMP-89-2
Batas nilai \(x\) dari pertidaksamaan : \(2(3x - 4) + 5 > 6 (2x + 1) + 3\) adalah ......
  • A. \(x < -2\)
  • B. \(x > -2\)
  • C. \(x < -1\)
  • D. \(x > -1\)
29. EBT-SMP-89-7
Hasil pengurangan : \(3x^2 + 4x - 2\) oleh \(3x^2 - 6x + 8\) adalah ......
  • A. \(-10x + 10\)
  • B. \(10x - 10\)
  • C. \(-2x + 6\)
  • D. \(-2x - 10\)
30. EBT-SMP-88-01
Bentuk sederhana dari \(3 - (4x - 7) = \ldots\)
  • A. \(-4x + 10\)
  • B. \(-4x - 10\)
  • C. \(-4x + 4\)
  • D. \(-4x - 4\)
31. EBT-SMP-88-02
Himpunan penyelesaian dari \(5(5 - 3x) - (x + 6) > 8\) untuk \(x \in R\) adalah ......
  • A. \(\{x \mid x > \frac{11}{4}, x \in R\}\)
  • B. \(\{x \mid x < \frac{11}{14}, x \in R\}\)
  • C. \(\{x \mid x > \frac{3}{11}, x \in R\}\)
  • D. \(\{x \mid x < \frac{3}{11}, x \in R\}\)
32. EBT-SMP-88-11
Himpunan penyelesaian dari \(6(x + 8) - 4(x - 8) < -16\) dan \(x \in R\) adalah ......
  • A. \(\{x \mid x > -27, x \in R\}\)
  • B. \(\{x \mid x < -27, x \in R\}\)
  • C. \(\{x \mid x < 10, x \in R\}\)
  • D. \(\{x \mid x > 10, x \in R\}\)
33. EBT-SMP-95-01
Himpunan penyelesaian dari \(2x - 3 \leq 7\), \(x \in\) bilangan cacah, adalah ......
  • A. \(\{0, 1, 2\}\)
  • B. \(\{0, 1, 2, 3, 4\}\)
  • C. \(\{0, 1, 2, 3, 4, 5\}\)
  • D. \(\{0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10\}\)
34. EBT-SMP-96-03
Grafik himpunan penyelesaian dari \(2x + 4 < 10\), jika \(x\) variabel pada himpunan bilangan bulat adalah ........
  • A. (Grafik A)
  • B. (Grafik B)
  • C. (Grafik C)
  • D. (Grafik D)
35. UN-SMP-97-4
Nilai \(x\) yang memenuhi \(2(3x + \frac{1}{4}) = 5(2x - \frac{1}{6})\) adalah ........
  • A. \(\frac{1}{2}\)
  • B. \(\frac{1}{3}\)
  • C. \(\frac{1}{4}\)
  • D. \(\frac{1}{6}\)
36. UN-SMP-97-33
Diketahui \(A = \{x \mid -2 \leq x \leq 3\}\) dan \(B = \{x \mid 2 \leq x \leq 3\}\), maka \(A \cap B\) adalah ......
  • A. \(\{x \mid 2 \leq x \leq 3\}\)
  • B. \(\{x \mid -3 \leq x \leq 2\}\)
  • C. \(\{x \mid -2 \leq x \leq 3\}\)
  • D. \(\{x \mid -2 \leq x \leq 2\}\)
37. UN-SMP-99-05
Jika \(3(x + 2) + 5 = 2(x + 15)\), maka nilai dari \((x + 2) = \).......
  • A. 43
  • B. 21
  • C. 19
  • D. 10
38. UN-SMP-2.002-32
Hasil dari \(\frac{3}{2x} + \frac{4}{2x + 2}\) adalah .....
  • A. \(\frac{8}{2x(x+2)}\)
  • B. \(\frac{9}{2x(x+2)}\)
  • C. \(\frac{11}{6x(x+2)}\)
  • D. \(\frac{11}{7x(x+2)}\)
39. UN-SMP-2.001-09
Himpunan penyelesaian dari \(2x + 5 - 3(x - 1) < 0\), jika \(x\) variabel pada himpunan bilangan bulat adalah .....
  • A. \(\{8, 9, 10, \ldots\}\)
  • B. \(\{9, 10, 11, \ldots\}\)
  • C. \(\{8, 7, 6, \ldots\}\)
  • D. \(\{7, 6, 5, \ldots\}\)
40. UN-SMP-2.006-04
Himpunan penyelesaian dari \(3 - 6x \geq 13 - x\) untuk \(x\) himpunan bilangan bulat adalah ...
  • A. \(\{\ldots,-5,-4,-3\}\)
  • B. \(\{-3,-2,-1, 0, \ldots\}\)
  • C. \(\{\ldots,-5,-4,-3,-2\}\)
  • D. \(\{-2,-1, 0, 1, \ldots\}\)
41. UN-SMP-2.007-08
Penyelesaian dari pertidaksamaan \(\frac{1}{2}(2x - 6) \geq \frac{2}{3}(x - 4)\) adalah .....
  • A. \(x \geq 17\)
  • B. \(x \geq 1\)
  • C. \(x \geq 1\)
  • D. \(x \geq 17\)
42. UN-MTK-SMP-2013
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan \(x - 3 \leq 5 - 3x\), dengan \(x\) bilangan bulat adalah .....
  • A. \(\{x \mid x \leq 1, x \text{ bilangan bulat}\}\)
  • B. \(\{x \mid x \leq 2, x \text{ bilangan bulat}\}\)
  • C. \(\{x \mid x \geq 1, x \text{ bilangan bulat}\}\)
  • D. \(\{x \mid x \geq 3, x \text{ bilangan bulat}\}
43. UN-MTK-SMP-2013
Himpunan penyelesaian dari \(2x + 5 \leq 3x - 3\) untuk \(x\) bilangan bulat adalah .....
  • A. \(\{x \mid x \geq 8, x \text{ bilangan bulat}\}\)
  • B. \(\{x \mid x > 8, x \text{ bilangan bulat}\}\)
  • C. \(\{x \mid x \leq 8, x \text{ bilangan bulat}\}\)
  • D. \(\{x \mid x < 8, x \text{ bilangan bulat}\}
44. UN-MTK-SMP-2013
Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan \(3x - 5 \leq -7 + 2x\), dengan \(x\) bilangan bulat adalah .....
  • A. \(\{x \mid x \leq 2, x \text{ bilangan bulat}\}
  • B. \(\{x \mid x \geq 2, x \text{ bilangan bulat}\}
  • C. \(\{x \mid x \leq -2, x \text{ bilangan bulat}\}
  • D. \(\{x \mid x \geq -2, x \text{ bilangan bulat}\}
45. UN-MTK-SMP-2013
Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan \(3x - 2 \leq 8x + 13\), dengan \(x\) bilangan bulat adalah .....
  • A. \(\{x \mid x < -3, x \text{ bilangan bulat}\}
  • B. \(\{x \mid x > -3, x \text{ bilangan bulat}\}
  • C. \(\{x \mid x < 3, x \text{ bilangan bulat}\}
  • D. \(\{x \mid x > 3, x \text{ bilangan bulat}\}
46. UN-MTK-SMP-2013
Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan \(6x - 8 < 22 - 9x\), dengan \(x\) bilangan real adalah .....
  • A. \(\{x \mid x > 2, x \text{ bilangan real}\}
  • B. \(\{x \mid x > -2, x \text{ bilangan real}\}
  • C. \(\{x \mid x < 2, x \text{ bilangan real}\}
  • D. \(\{x \mid x < -2, x \text{ bilangan real}\}
47. UN-MTK-SMP-2014
Jika \(2y - 3 = 12 - y\), maka nilai \(y - 2\) adalah .....
  • A. 5
  • B. 3
  • C. 2
  • D. 1
48. UN-MTK-SMP-2014
Jika \(x\) adalah penyelesaian dari \(5x - 8 = 3x + 12\), nilai dari \(x + 3\) adalah .....
  • A. 13
  • B. 8
  • C. 5
  • D. 2
49. UN-MTK-SMP-2014
Jika \(x\) adalah penyelesaian dari persamaan \(-3x + 5 = x - 7\), maka nilai dari \(x + 8\) adalah .....
  • A. 3
  • B. 5
  • C. 11
  • D. 14
50. UN-MTK-SMP-2014
Diketahui persamaan \(9x + 5 = 2x - 9\), nilai \(x + 11\) adalah .....
  • A. -14
  • B. 9
  • C. 12
  • D. 13
51. UN-MTK-SMP-2014
Diketahui persamaan \(5x + 8 = 3x + 16\), nilai \(x + 11\) adalah .....
  • A. 23
  • B. 15
  • C. 14
  • D. 12
52. UN-MTK-SMP-2014
Diketahui persamaan \(3x + 6 = 5x + 20\), nilai \(x + 12\) adalah .....
  • A. 7
  • B. 5
  • C. -5
  • D. -7
53. UN-MTK-SMP-2014
Diketahui persamaan \(-5x + 7 = 2x + 77\), nilai \(x + 8\) adalah .....
  • A. -18
  • B. -2
  • C. 2
  • D. 18
54. UN-MTK-SMP-2014
Sebuah persegipanjang mempunyai ukuran panjang \((3x + 4)\) cm dan lebar \((2x + 3)\) cm. Jika keliling persegipanjang 44 cm, maka panjang dan lebarnya berturut-turut adalah .....
  • A. 12 cm dan 10 cm
  • B. 13 cm dan 9 cm
  • C. 15 cm dan 7 cm
  • D. 16 cm dan 6 cm
55. UN-MTK-SMP-2014
Diketahui keliling persegipanjang 94 cm dengan ukuran panjang \((5x + 2)\) cm dan lebar \((2x + 3)\) cm, maka panjang dan lebar persegipanjang berturut-turut adalah ….
  • A. 24 cm dan 23 cm
  • B. 25 cm dan 22 cm
  • C. 32 cm dan 15 cm
  • D. 36 cm dan 11 cm
56. UN-MTK-SMP-2014
Diketahui keliling persegipanjang 64 cm dengan ukuran panjang \((3x + 7)\) cm dan lebar \((2x + 5)\) cm, maka panjang dan lebar persegipanjang berturut-turut adalah ….
  • A. 26 cm dan 6 cm
  • B. 22 cm dan 10 cm
  • C. 19 cm dan 13 cm
  • D. 18 cm dan 14 cm
57. UN-MTK-SMP-2014
Sebuah persegipanjang mempunyai ukuran panjang \((3x - 5)\) cm dan lebar \((x + 3)\) cm. Jika keliling persegipanjang 52 cm, maka panjang dan lebar persegipanjang berturut-turut adalah ….
  • A. 19 cm dan 7 cm
  • B. 18 cm dan 8 cm
  • C. 17 cm dan 9 cm
  • D. 16 cm dan 10 cm
58. UN-MTK-SMP-2014
Sebuah persegipanjang mempunyai ukuran panjang \((3x + 10)\) cm dan lebar \((x + 10)\) cm. Jika keliling persegipanjang 144 cm, maka panjang dan lebar persegipanjang berturut-turut adalah ….
  • A. 37 cm dan 35 cm
  • B. 39 cm dan 33 cm
  • C. 42 cm dan 42 cm
  • D. 49 cm dan 23 cm
59. UN-MTK-SMP-2014
Sebuah persegi panjang dengan panjang \((5x + 9)\) cm dan lebar \((2x + 5)\) cm. Bila keliling persegipanjang tersebut 70 cm, maka panjang dan lebar persegipanjang berturut-turut adalah ….
  • A. 19 cm dan 16 cm
  • B. 20 cm dan 15 cm
  • C. 22 cm dan 13 cm
  • D. 24 cm dan 11 cm
60. UN-MTK-SMP-2014
Sebuah persegipanjang berukuran panjang \((5x - 1)\) cm dan lebar \((2x + 2)\) cm. Bila keliling persegipanjang tersebut 72 cm, maka panjang dan lebar persegipanjang berturut-turut adalah ….
  • A. 12 cm dan 10 cm
  • B. 16 cm dan 12 cm
  • C. 20 cm dan 16 cm
  • D. 24 cm dan 12 cm
61. UN-MTK-SMP-2015
Himpunan penyelesaian dari \(2x – 3 \leq 21 + 4x\) dengan \(x\) bilangan bulat adalah …..
  • A. \(\{-12, -11, -10, -9, …\}\)
  • B. \(\{-9, -8, -7, -6, …\}\)
  • C. \(\{…, -15, -14, -13, -12\}\)
  • D. \(\{…, -12, -11, -10, -9, -8\}
62. UN-MTK-SMP-2015
Umur ayah \(p\) tahun dan ayah 6 tahun lebih tua dari paman. Jika jumlah umur paman dan ayah 38 tahun, maka model matematika yang tepat adalah ….
  • A. \(2p + 6 = 38\)
  • B. \(2p - 6 = 38\)
  • C. \(p + 6 = 38\)
  • D. \(p - 6 = 38\)
63. UN-MTK-SMP-2015
Himpunan penyelesaian dari \(3x + 4 \geq 20 + 5x\) dengan \(x\) bilangan bulat adalah …
  • A. \(\{-12, -11, -10, -9, ...\}\)
  • B. \(\{-9, -8, -7, -6, ...\}\)
  • C. \(\{..., -15, -14, -13, -12\}\)
  • D. \(\{..., -12, -11, -10, -9, -8\}
64. UN-MTK-SMP-2015
Tika membeli 3 kg gula di sebuah toko, ia membayar dengan uang Rp 20.000,00 dan mendapatkan pengembalian Rp 800,00. Jika harga 1 kg gula tersebut \(x\) rupiah, maka model matematika yang benar adalah …
  • A. \(3x - 800 = 20.000\)
  • B. \(20.000 - 3x = 800\)
  • C. \(20.000 - (x + 3) = 800\)
  • D. \(x + 3 = 20.000 - 800\)
65. UN-MTK-SMP-2015
Himpunan penyelesaian dari \(3x - 4 \leq 20 + 5x\) dengan \(x\) bilangan bulat adalah …
  • A. \(\{-12, -11, -10, -9, ...\}\)
  • B. \(\{-9, -8, -7, -6, ...\}\)
  • C. \(\{..., -15, -14, -13, -12\}\)
  • D. \(\{..., -12, -11, -10, -9\}
66. UN-MTK-SMP-2015
Banyak kelereng Rian \(x\) buah, sedangkan kelereng Andri 3 buah kurangnya dari kelereng Rian. Jumlah kelereng mereka 18 buah. Model matematika yang tepat adalah …
  • A. \(2x + 3 = 18\)
  • B. \(2x - 3 = 18\)
  • C. \(x + 3 = 18\)
  • D. \(x - 3 = 18\)
67. UN-MTK-SMP-2015
Himpunan penyelesaian dari \(3x - 3 \geq 21 + 5x\) dengan \(x\) bilangan bulat adalah …
  • A. \(\{-12, -11, -10, -9, ...\}\)
  • B. \(\{-9, -8, -7, -6, ...\}\)
  • C. \(\{..., -15, -14, -13, -12\}\)
  • D. \(\{..., -12, -11, -10, -9\}
68. UN-MTK-SMP-2016
Meta membeli 4 buah vas bunga. Ia membayar dengan uang Rp 50.000,00 dan ia mendapat uang pengembalian Rp 2.000,00. Jika harga 1 buah vas bunga tersebut \(x\) rupiah, maka model matematika yang benar adalah …
  • A. \(50.000 - 4x = 2.000\)
  • B. \(4x - 2.000 = 50.000\)
  • C. \(50.000 - (x + 4) = 2.000\)
  • D. \(x + 4 = 50.000 - 2.000\)
69. UN-MTK-SMP-2016
Jika \(k\) adalah penyelesaian dari persamaan \(3(2x - 4) = 4(2x - 1) + 2\), nilai \(k + 3\) adalah …
  • A. -8
  • B. -2
  • C. 2
  • D. 8
70. UN-MTK-SMP-2016
Jika \(k\) merupakan penyelesaian dari \(6(2x + 5) = 3(3x - 2) + 6\), nilai \(k + 2\) adalah .....
  • A. -4
  • B. -6
  • C. -8
  • D. -10
71. UN 2017
Jika \(x\) adalah penyelesaian dari \(5x - 8 = 3x + 12\), maka nilai dari \(x + 3\) adalah ....
  • A. 13
  • B. 8
  • C. 5
  • D. -2
72. UN 2017
Jika \(k\) merupakan penyelesaian dari \(6(2x + 5) = 3(3x - 2) + 6\), nilai \(k + 2\) adalah ....
  • A. -4
  • B. -6
  • C. -8
  • D. -10
73. UN MTK SMP 2018 No. 16 Paket 1
Jika \(k\) merupakan penyelesaian \(2(3x - 5) + 3 = 3(4x + 2) - 1\), maka nilai \(3k + 5\) adalah ....
  • A. 2
  • B. 1
  • C. -1
  • D. -2
74. UN MTK SMP 2018 No. 17 Paket 1
Taman bunga berbentuk persegipanjang dengan ukuran panjang \((8x + 2)\) meter dan ukuran lebarnya \((6x - 16)\) meter. Jika keliling taman tidak kurang dari 140 meter, maka panjang taman tersebut \((p)\) adalah ....
  • A. \(p > 50\)
  • B. \(p \geq 50\)
  • C. \(p < 90\)
  • D. \(p \leq 90\)
75. UN MTK SMP 2018 No. 18 Paket 1
Diketahui himpunan \(K = \{1 < x \leq 11, x \text{ bilangan ganjil}\}\). Banyak himpunan bagian dari himpunan \(K\) yang mempunyai 3 anggota adalah ....
  • A. 4
  • B. 10
  • C. 20
  • D. 35
76. UN MTK SMP 2019
Diketahui persamaan \(\frac{1}{4}x + 1\frac{1}{2} = \frac{1}{2}x + 1\). Nilai dari \(x - 6\) adalah ....
  • A. -6
  • B. -4
  • C. 2
  • D. 8
77. UN MTK SMP 2019
Jika \(n\) merupakan penyelesaian dari \(1\frac{2}{3}x + \frac{1}{2} = 1\frac{1}{3}x - 1\) maka nilai dari \(n + 6\frac{1}{2}\) adalah ....
  • A. -2
  • B. -1
  • C. 1
  • D. 2
78. UN MTK SMP 2019
Jika \(n\) merupakan penyelesaian dari \(\frac{1}{2}x + \frac{3}{4} = 2x - \frac{1}{2}\) maka nilai dari \(n - 5\) adalah ….
  • A. \(-\frac{19}{2}\)
  • B. \(-\frac{13}{2}\)
  • C. \(-\frac{7}{2}\)
  • D. \(-\frac{1}{2}\)
79. UN MTK SMP 2019
Diketahui \(n\) adalah penyelesaian persamaan \(\frac{1}{2}x + \frac{3}{4} = 2x - \frac{1}{2}\). Nilai \(n + 5\) adalah ….
  • A. \(\frac{9}{2}\)
  • B. \(\frac{17}{4}\)
  • C. \(\frac{1}{2}\)
  • D. \(-\frac{9}{2}\)
80. UN MTK SMP 2019
Diketahui \(n\) adalah penyelesaian persamaan \(\frac{2}{3}x + \frac{1}{4} = 2\frac{1}{4}x - \frac{1}{2}\). Nilai \(n + 5\) adalah ….
  • A. \(\frac{7}{12}\)
  • B. \(\frac{17}{20}\)
  • C. \(\frac{17}{20}\)
  • D. \(\frac{17}{20}\)
© 2025 Kumpulan Soal UN Matematika SMP - Persamaan & Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

🎯Terimakasih, anda telah membaca postingan dengan judul:

πŸ“š "KUMPULAN SOAL UN MATEMATIKA SMP - PERSAMAAN & PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL ", semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

"Matematika adalah bahasa yang digunakan alam untuk berbicara dengan kita." 😊- Galileo Galilei