/* ===== Judul Sidebar ===== */ .sidebar-title { font-family: 'Poppins', sans-serif; font-size: 16px; color: #222; border-left: 5px solid #007bff; padding-left: 10px; margin-bottom: 8px; font-weight: 600; } /* ===== Container Scrolling ===== */ .scroll-post-container { position: relative; height: 180px; /* tinggi area scroll */ overflow: hidden; background: #f8f9fa; border-radius: 8px; padding: 10px; box-shadow: 0 2px 5px rgba(0,0,0,0.1); } .scroll-post-container ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; animation: scroll-up 15s linear infinite; } .scroll-post-container li { padding: 6px 0; font-size: 14px; border-bottom: 1px dashed #ccc; } .scroll-post-container a { color: #333; text-decoration: none; transition: color 0.3s; } .scroll-post-container a:hover { color: #007bff; text-decoration: underline; } /* Animasi scroll ke atas */ @keyframes scroll-up { 0% { transform: translateY(0); } 100% { transform: translateY(-100%); } } /* Responsif */ @media (max-width: 768px) { .scroll-post-container { height: 140px; } }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TKA SMP Matematika - Simulasi

Untuk mempersiapkan diri menghadapi TKA (Tes Kompetensi Akademik) Matematika, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk belajar Matematika dan mencoba soal-soal latihan. Kalian juga bisa meminta bantuan guru atau orang tua untuk menjelaskan konsep yang sulit kalian pahami. Untuk bahan latihan, soal-soal di bawah ini bisa menjadi salah satu bahan latihan yang cocok untuk uji kemampuan.
Soal Simulasi TKA Matematika SMP/MTs Kelas IX

Soal Simulasi (Try Out) TKA Matematika SMP/MTs Kelas IX

Soal simulasi ini dapat digunakan sebagai latihan dalam persiapan menghadapi Tes Kompetensi Akademik (TKA) SMP/MTs mata pelajaran Matematika.

Nama Peserta:
Tanggal Tes:
-
Jumlah Soal: 40 Soal
Petunjuk Pengerjaan Soal:
Bentuk soal pilihan ganda. Pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Anda merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, pilihlah yang paling benar.
1. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Tabel berikut menunjukkan operasi hitung bilangan bulat beserta jawabannya:

Tabel operasi hitung

Pasangan yang tepat antara operasi hitung dengan hasilnya adalah....

Alternatif Pembahasan:

Perhitungan untuk setiap operasi:

  1. −15 + 9 ÷ 0,3 − 10 = −15 + 30 − 10 = 5 → (1-a)
  2. 25 + (−20) × ½ − 15 = 25 − 10 − 15 = 0 → (2-b)
  3. 15 + (−15) ÷ (−3) − 25 = 15 + 5 − 25 = −5 → (3-d)
  4. −10 − 15 × 20% + 10 = −10 − 3 + 10 = −3 → (4-c)

Jawaban: B (1 – a, 2 – b, 3 – d, 4 – c)

2. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Paman memiliki kebun jeruk dengan luas 1 hektar. Setiap 6 bulan, paman dapat memanen jeruk sebanyak 45 kuintal dan 1 pohon jeruk mampu menghasilkan sekitar 30 kg jeruk. Agar hasil panen selalu maksimal, paman memberi pupuk untuk setiap pohon sebanyak 200 gram setiap bulan. Banyak pupuk yang dibutuhkan paman selama 6 bulan adalah....

Alternatif Pembahasan:

Langkah penyelesaian:

  • Panen 45 kuintal = 4.500 kg jeruk
  • Banyak pohon = 4.500 kg ÷ 30 kg/pohon = 150 pohon
  • Pupuk per bulan = 200 g × 150 = 30.000 g = 30 kg
  • Pupuk 6 bulan = 30 kg × 6 = 180 kg

Jawaban: C (180 kg)

3. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Pak guru membuat permainan untuk materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan bola berwarna: bola merah skor −2, bola kuning skor 2, bola hijau skor 5. Setiap kelompok mengambil 10 bola secara acak, hasilnya:

Tabel hasil permainan bola

Manakah pernyataan yang benar?

  1. Kelompok 4 memperoleh skor akhir yang paling rendah
  2. Selisih skor kelompok 2 dan kelompok 4 adalah 7
  3. Kelompok 3 memperoleh skor akhir paling tinggi
  4. Skor akhir kelompok 1 adalah 14
Alternatif Pembahasan:

Perhitungan skor:

  • Kelompok 1: (4×−2)+(3×2)+(3×5) = −8+6+15 = 13
  • Kelompok 2: (3×−2)+(5×2)+(2×5) = −6+10+10 = 14
  • Kelompok 3: (3×−2)+(4×2)+(3×5) = −6+8+15 = 17
  • Kelompok 4: (4×−2)+(4×2)+(2×5) = −8+8+10 = 10

Analisis pernyataan:

  1. Benar (kelompok 4 skor 10, terendah)
  2. Salah (selisih 14−10=4, bukan 7)
  3. Benar (kelompok 3 skor 17, tertinggi)
  4. Salah (skor kelompok 1 adalah 13)

Jawaban: B (Pernyataan 1 dan 3)

4. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar:

Gambar diskon bertingkat

Sebuah barang dijual dengan harga Rp250.000,00. Diskon berturut-turut 30% dan 20%. Harga akhir yang harus dibayar adalah....

Alternatif Pembahasan:

Perhitungan diskon berturut-turut:

  • Harga setelah diskon 30%: Rp250.000 − 30% = Rp250.000 − Rp75.000 = Rp175.000
  • Harga setelah diskon 20%: Rp175.000 − 20% = Rp175.000 − Rp35.000 = Rp140.000

Jawaban: A (Rp140.000,00)

5. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Bola Besi - Cabang olahraga tolak peluru. Berat bola besi untuk tolak peluru senior putra 7 kg dan diameter 14 cm.

Gambar bola tolak peluru

Rumus massa jenis: ρ = m/v

dengan: ρ = massa jenis (kg/m³), m = massa (kg), v = volume (m³)

Volume bola: v = 4/3 Ο€ r³

Massa jenis bola besi tersebut adalah.... (gunakan Ο€ = 22/7)

Alternatif Pembahasan:

Perhitungan:

  • Jari-jari r = 7 cm = 7 × 10⁻² m
  • Volume v = 4/3 × 22/7 × (7×10⁻²)³ = 4/3 × 22/7 × 343×10⁻⁶ m³
  • v = 4/3 × 22 × 49×10⁻⁶ = (4×22×49)/(3) × 10⁻⁶ m³
  • Massa jenis ρ = m/v = 7 / [(4×22×49)/(3)×10⁻⁶]
  • ρ = (7×3)/(4×22×49×10⁻⁶) = (21)/(4×22×49×10⁻⁶)
  • ρ = (3)/(4×22×7×10⁻⁶) = (3)/(616×10⁻⁶) = (3/616) × 10⁶ kg/m³

Jawaban: D ((3/616) × 10⁶ kg/m³)

6. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar berikut:

Peta lokasi rumah Conan dan Nobita

Apabila Conan akan bermain ke rumah Nobita, maka jarak yang Conan tempuh adalah.... (gunakan √2 = 1,4; √3 = 1,73; √5 = 2,24)

Alternatif Pembahasan:

Menggunakan teorema Pythagoras:

Jarak Conan-Nobita = √(8² + 4²) = √(64 + 16) = √80 = √(16×5) = 4√5

4√5 = 4 × 2,24 = 8,96 km

Jawaban: D (8,96 km)

7. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar denah rumah berikut:

Denah rumah

Gambar dengan skala 1:100 dan ukuran pada gambar dalam satuan mm. Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan:

  1. Ukuran rumah tersebut adalah 7 m × 10,5 m
  2. Luas area dapur setelah diperluas adalah 6 m²
  3. Luas teras rumah tersebut adalah 7,5 m²
Alternatif Pembahasan:

Perhitungan dengan skala 1:100:

  1. Benar: Panjang = (3+4) cm × 100 = 700 cm = 7 m; Lebar = (3+3+3+1,5) cm × 100 = 1050 cm = 10,5 m
  2. Salah: Luas dapur = 3 cm × 3 cm × 10000 = 90000 cm² = 9 m²
  3. Benar: Luas teras = 1,5 cm × 5 cm × 10000 = 75000 cm² = 7,5 m²

Jawaban: C ((1) Benar, (2) Salah, (3) Benar)

8. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan grafik hubungan waktu dan jarak yang ditempuh mobil:

Grafik waktu vs jarak mobil

Jarak yang ditempuh mobil tersebut jika telah menempuh perjalanan selama 6 jam adalah....

Alternatif Pembahasan:

Dari grafik: saat t=0, s=0; saat t=10, s=400

Persamaan garis: t/10 = s/400 → s = 40t

Untuk t=6 jam: s = 40 × 6 = 240 km

Jawaban: C (240 km)

9. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan grafik produksi sepatu:

Grafik produksi sepatu

Produksi sepatu mencapai 1250 pasang setelah hari ke....

Alternatif Pembahasan:

Dari grafik: saat t=1, s=50; saat t=2, s=100

Persamaan: (t-1)/1 = (s-50)/50 → t-1 = (s-50)/50

Untuk s=1250: t-1 = (1250-50)/50 = 1200/50 = 24 → t=25

Jawaban: C (25)

10. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Hasil latihan pembalap setiap minggu:

Tabel hasil latihan pembalap

Pilihlah pernyataan yang benar:

  1. Jarak tempuh pembalap setiap minggu pagi adalah 100 km
  2. Kecepatan rata-rata pada minggu ke-3 adalah y = 30 km/jam
  3. Selisih waktu tempuh pada minggu ke-1 dan ke-4 adalah y = 48 menit
Alternatif Pembahasan:

Analisis pernyataan:

  1. Salah: Jarak = kecepatan × waktu = 60 × 1,5 = 90 km
  2. Benar: Kecepatan minggu 3 = jarak/waktu = 90/3 = 30 km/jam
  3. Benar: Waktu minggu 1 = 90/45 = 2 jam = 120 menit; Waktu minggu 4 = 90/75 = 1,2 jam = 72 menit; Selisih = 120-72 = 48 menit

Jawaban: C (Pernyataan 2 dan 3)

11. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Sawah Paman berbentuk persegi panjang dengan panjang 12 meter lebihnya dari lebarnya. Keliling sawah tersebut adalah 88 meter. Luas sawah Paman adalah...

Alternatif Pembahasan:

Misal lebar = l, maka panjang = l + 12

Keliling = 2(p + l) = 2(l+12 + l) = 2(2l+12) = 4l + 24 = 88

4l = 64 → l = 16 m, p = 16+12 = 28 m

Luas = p × l = 28 × 16 = 448 m²

Jawaban: B (448 m²)

12. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Selesaian dari pertidaksamaan −7(x + 3) ≤ 28 ditunjukkan oleh garis bilangan:

Pilihan garis bilangan
Alternatif Pembahasan:

−7(x + 3) ≤ 28

x + 3 ≥ 28/(-7)

x + 3 ≥ −4

x ≥ −7

Penyelesaian: x ≥ −7 (titik -7 diarsir penuh, panah ke kanan)

Jawaban: B (Gambar B)

13. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Diketahui sistem persamaan linear dua variabel:

3a + 2b = 16
2a + b = 9

Nilai 2a - b adalah...

Alternatif Pembahasan:

Dari persamaan 2: 2a + b = 9 → b = 9 - 2a

Substitusi ke persamaan 1: 3a + 2(9-2a) = 16

3a + 18 - 4a = 16 → -a = -2 → a = 2

b = 9 - 2(2) = 9 - 4 = 5

2a - b = 2(2) - 5 = 4 - 5 = -1

Jawaban: B (-1)

14. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Dua tiang bendera ditanam. Tiang 1: bagian terlihat 5× bagian tertanam. Tiang 2: bagian terlihat 3× bagian tertanam. Jumlah panjang kedua tiang 13 m, jumlah bagian tertanam 2,5 m.

Gambar tiang bendera

Tentukan pernyataan yang benar:

  1. Panjang tiang pertama adalah 9 meter
  2. Panjang tiang kedua adalah 4 meter
  3. Panjang bagian tertanam tiang pertama adalah 2 meter
  4. Panjang bagian tertanam tiang kedua adalah 0,5 meter
Alternatif Pembahasan:

Misal bagian tertanam tiang 1 = x, terlihat = 5x, total = 6x

Bagian tertanam tiang 2 = y, terlihat = 3y, total = 4y

Diketahui: x + y = 2,5 dan 6x + 4y = 13

Dari x + y = 2,5 → y = 2,5 - x

Substitusi: 6x + 4(2,5-x) = 13 → 6x + 10 - 4x = 13 → 2x = 3 → x = 1,5

y = 2,5 - 1,5 = 1

Panjang tiang 1 = 6×1,5 = 9 m (benar)

Panjang tiang 2 = 4×1 = 4 m (benar)

Bagian tertanam tiang 1 = 1,5 m (salah)

Bagian tertanam tiang 2 = 1 m (salah)

Jawaban: A (Pernyataan 1 dan 2)

15. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Bentuk sederhana dari 5(2a+3b) − 4(a−b) adalah....

Alternatif Pembahasan:

5(2a+3b) − 4(a−b) = 10a + 15b − 4a + 4b

= (10a - 4a) + (15b + 4b) = 6a + 19b

Jawaban: A (6a + 19b)

16. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan diagram panah berikut:

Diagram panah fungsi

Tentukan pernyataan yang benar:

  1. Nilai a + b = -1
  2. Rumus f(x) = 4x - 3
  3. f(3x+2) = 12x + 5
  4. Nilai p = 6
Alternatif Pembahasan:

Dari diagram: f(3)=9, f(4)=13

f(x) = ax + b → 3a+b=9 dan 4a+b=13

Kurangi: a=4, b=9-12=-3

f(x)=4x-3

1. a+b=4-3=1 (salah)

2. f(x)=4x-3 (benar)

3. f(3x+2)=4(3x+2)-3=12x+8-3=12x+5 (benar)

4. f(p)=33 → 4p-3=33 → 4p=36 → p=9 (salah)

Jawaban: C (Pernyataan 2 dan 3)

17. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Pendapatan kurir paket dari dua perusahaan:

Grafik pendapatan kurir

Berapa banyak paket yang terantar apabila pendapatan kedua kurir sama?

Alternatif Pembahasan:

Pendapatan J&K: 3.000.000 + 1000x

Pendapatan Gaspoll: 2.850.000 + 1100x

Sama ketika: 3.000.000 + 1000x = 2.850.000 + 1100x

150.000 = 100x → x = 1500

Jawaban: B (1500 paket)

18. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

WETON - Sistem penanggalan Jawa. Rifky lahir 72 hari yang lalu. Jika hari ini adalah Minggu Kliwon, weton Rifky adalah...

Tabel hari dan pasaran Jawa
Alternatif Pembahasan:

Weton berulang setiap 35 hari (7 hari × 5 pasaran)

72 hari yang lalu = (35×2) + 2 hari yang lalu

Hari ini Minggu Kliwon, maka 2 hari lalu adalah Jumat Pon

Jawaban: C (Jumat Pon)

19. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan pola persegi berikut:

Pola persegi kuning dan biru

Pernyataan yang benar:

  1. Banyak persegi kuning pola ke-6 adalah 30
  2. Banyak persegi biru pola ke-6 adalah 42
  3. Selisih persegi kuning dan biru pola ke-6 adalah 12
  4. Jumlah persegi kuning dan biru pola ke-6 adalah 72
Alternatif Pembahasan:

Pola ke-n: Biru = n×(n+1), Kuning = (n+2)×(n+3) - n×(n+1)

Pola ke-6: Biru = 6×7 = 42

Kuning = 8×9 - 42 = 72 - 42 = 30

Selisih = 42-30 = 12

Jumlah = 42+30 = 72

Semua pernyataan benar

Jawaban: D (Semua pernyataan benar)

20. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Model Candi Borobudur menggunakan kubus mainan disusun bertingkat:

Model Candi Borobudur dari kubus

Jika dibuat 10 tingkat, banyak kubus berwarna kuning yang diperlukan adalah...

Alternatif Pembahasan:

Pola tingkat ganjil: kuning, tingkat genap: hijau

Kuning: 1² + 3² + 5² + 7² + 9² = 1 + 9 + 25 + 49 + 81 = 165

Jawaban: A (165 buah)

21. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar berikut:

Gambar garis dan sudut

Nilai x adalah....

Alternatif Pembahasan:

Perhatikan segitiga kecil: 30° + 40° + sudut lain = 180° → sudut lain = 110°

x adalah sudut pelurus dari 110°, jadi x = 180° - 80° = 100°

Jawaban: D (100°)

22. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Sebuah pohon terletak di antara Mamat dan Mahmud. Jarak Mamat-Mahmud = 28 m, jarak Mahmud-pohon = 20 m.

Gambar pohon dan dua orang

Tinggi pohon adalah....

Alternatif Pembahasan:

Jarak Mamat-pohon = 28 - 20 = 8 m

Gunakan teorema Pythagoras: 17² = 8² + t²

289 = 64 + t² → t² = 225 → t = 15 m

Jawaban: C (15 m)

23. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar segitiga kongruen:

Dua segitiga kongruen

Ξ”ABC dan Ξ”PQR kongruen, maka ∠PRQ = ...

Alternatif Pembahasan:

Karena kongruen, maka:

∠A = ∠P = 30°, ∠B = ∠Q = 80°

∠C = 180° - 30° - 80° = 70°

∠PRQ = ∠C = 70°

Jawaban: B (70°)

24. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Sebuah foto ditempelkan pada karton:

Foto pada karton

Foto dan karton sebangun. Luas karton yang tidak tertutup foto adalah....

Alternatif Pembahasan:

Karena sebangun: 30/24 = 40/(40-2x)

5/4 = 40/(40-2x) → 5(40-2x) = 160 → 200-10x=160 → x=4

Luas karton = 40×30 = 1200 cm²

Luas foto = 24×(40-8) = 24×32 = 768 cm²

Luas tidak tertutup = 1200-768 = 432 cm²

Jawaban: D (432 cm²)

25. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan jaring-jaring kubus:

Jaring-jaring kubus

Pilih kubus yang sesuai dengan jaring-jaring tersebut:

Alternatif Pembahasan:

Dengan melipat jaring-jaring, diperoleh kubus dengan pola:

• Titik bertemu dengan segitiga

• Garis sejajar bertemu dengan segitiga lain

• Persegi dengan titik di tengah berada di atas

Jawaban: D (Kubus terakhir)

26. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Aldo membuat topi pesulap menggunakan kertas manila:

Gambar topi pesulap

Luas minimal kertas manila yang harus disediakan adalah... (Ο€ = 22/7)

Alternatif Pembahasan:

Luas lingkaran (atas): Ο€r² = 22/7 × (35/2)² = 22/7 × 1225/4 = 962,5 cm²

Luas selimut tabung: 2Ο€rt = 2 × 22/7 × 9 × 35 = 1.980 cm²

Total luas = 962,5 + 1.980 = 2.942,5 cm²

Jawaban: A (2.942,5 cm²)

27. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar segitiga ABC:

Segitiga pada koordinat

Segitiga ABC dicerminkan terhadap sumbu y, dilanjutkan translasi (-5, -8). Bayangan akhir segitiga ABC adalah...

Alternatif Pembahasan:

Titik awal: A(5,3), B(9,4), C(2,7)

Refleksi thd sumbu y: A'(-5,3), B'(-9,4), C'(-2,7)

Translasi (-5,-8): A"(-5-5,3-8)=A"(-10,-5); B"(-9-5,4-8)=B"(-14,-4); C"(-2-5,7-8)=C"(-7,-1)

Jawaban: B

28. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Pak Dadang dan Pak Asep memiliki tanah sawah:

Denah tanah sawah

Luas tanah sawah milik Pak Dadang adalah...

Alternatif Pembahasan:

Tanah Pak Dadang terdiri dari:

1. Segitiga: ½×4×3 = 6 m²

2. Trapesium: ½×(3+6+15)×8 = ½×24×8 = 96 m²

3. Trapesium: ½×(8+12)×3 = ½×20×3 = 30 m²

Total = 6+96+30 = 132 m²

Jawaban: C (132 m²)

29. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Rudi memotong kertas berbentuk persegi panjang:

Kertas yang dipotong

Jika AB=24 cm, BC=20 cm, EG=GC dan AE=FC, keliling bangun datar ABFGE adalah...

Alternatif Pembahasan:

ED = √(15²-9²) = √(225-81) = √144 = 12 cm

GF = √(15²+8²) = √(225+64) = √289 = 17 cm

Keliling ABFGE = AB + BF + FG + GE + EA

= 24 + 12 + 17 + 15 + 8 = 76 cm

Jawaban: B (76 cm)

30. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Perhatikan gambar:

Bangun datar gabungan

Luas bangun datar di atas adalah...

Alternatif Pembahasan:

Bagian kuning: 2×(6×8) = 96 cm²

Bagian biru: 8×10 = 80 cm²

Bagian hijau: 3×(½×8×15) = 3×60 = 180 cm²

Total = 96+80+180 = 356 cm²

Jawaban: A (356 cm²)

31. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Rancangan ruang terbuka hijau:

Rancangan taman lingkaran

Setiap lingkaran melewati pusat lingkaran lainnya. Jika jari-jari setiap lingkaran sama, panjang jalan lintasan di sekeliling taman tersebut adalah...

Alternatif Pembahasan:

Bangun terdiri dari 3 setengah lingkaran

Keliling = 3 × ½ × 2Ο€r = 3Ο€r

Jawaban: A (3Ο€r)

32. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Sebuah wadah berbentuk balok dengan alas persegi dan tinggi 20 cm, berisi air ¾ dari tingginya. Air dimasukkan ke balok besar dengan panjang 24 cm dan lebar 10 cm. Ketinggian air di balok besar adalah...

Alternatif Pembahasan:

Volume air = 6×6×(¾×20) = 36×15 = 540 cm³

Ketinggian di balok besar = volume / luas alas = 540/(24×10) = 540/240 = 2,25 cm

Jawaban: B (2,25 cm)

33. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Pak Reza mempunyai 10 kolam ikan berbentuk tabung dengan diameter 4,2 m dan tinggi 1 m. Volume maksimal sebuah kolam ikan adalah... (Ο€ = 22/7)

Alternatif Pembahasan:

r = 2,1 m = 21 dm

Volume = Ο€r²t = 22/7 × 21² × 10 = 22/7 × 441 × 10 = 13.860 dm³ = 13.860 liter

Jawaban: C (13.860 liter)

34. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Bangun terdiri dari limas dan kubus:

Bangun limas dan kubus

AB = 18 cm, TP = 15 cm. Volume bangun tersebut adalah...

Alternatif Pembahasan:

Tinggi limas = √(15²-9²) = √(225-81) = √144 = 12 cm

Volume limas = ⅓×18×18×12 = 1.296 cm³

Volume kubus = 18×18×18 = 5.832 cm³

Total = 1.296+5.832 = 7.128 cm³

Jawaban: C (7.128 cm³)

35. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Toni membuat pelampung pancingan:

Pelampung pancingan

Volume pelampung pancingan tersebut adalah...

Alternatif Pembahasan:

Volume kerucut = ⅓Ο€r²t = ⅓Ο€×9²×36 = ⅓Ο€×81×36 = 972Ο€ mm³

Volume ½ bola = ½×4/3Ο€r³ = ⅔Ο€×9³ = ⅔Ο€×729 = 486Ο€ mm³

Total = 972Ο€ + 486Ο€ = 1.458Ο€ mm³

Jawaban: B (1.458Ο€ mm³)

36. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Angka Partisipasi Murni (APM) Provinsi DIY 2012-2018:

Tabel APM DIY

Tentukan pernyataan Benar atau Salah:

  1. Kenaikan tertinggi terjadi pada tahun 2013-2014
  2. APM jenjang SMP selalu meningkat dari 2012-2018
  3. APM jenjang SMP naik 1,3% dari 2017-2018
Alternatif Pembahasan:

1. Benar: 2013-2014 naik 82,2-75,8=6,4 (tertinggi)

2. Benar: selalu naik setiap tahun

3. Salah: 2017-2018 naik 83,3-82,6=0,7 (bukan 1,3%)

Jawaban: C ((1) Benar, (2) Benar, (3) Salah)

37. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Data: 65, 67, 58, 65, 60, 65, 66, 68, 59, 60, 70, 85, 65, 62, 70, 65, 80, 77, 66, 65

Pernyataan yang benar:

  1. Modus data adalah 65
  2. Rata-rata lebih kecil dari modus
  3. Median lebih kecil dari rata-rata
  4. Jangkauan data adalah 26
Alternatif Pembahasan:

Data diurutkan: 58,59,60,60,62,65,65,65,65,65,65,66,66,67,68,70,70,77,80,85

1. Benar: modus=65 (muncul 6 kali)

2. Benar: rata-rata = 1202/20 = 60,1 < 65

3. Salah: median = 65 > 60,1

4. Salah: jangkauan = 85-58 = 27

Jawaban: A (Pernyataan 1 dan 2)

38. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Nilai ulangan Matematika 20 siswa:

NilaiFrekuensi
602
653
704
755
803
852
901

Setiap nilai dinaikkan 5 poin. Pernyataan yang benar:

  1. Rata-rata data baru tetap, jangkauan bertambah 5
  2. Median data baru bertambah 5, jangkauan tetap
  3. Rata-rata data baru bertambah 5, median tetap
  4. Median dan rata-rata data baru bertambah 5
Alternatif Pembahasan:

Data awal: rata-rata=73,5; median=75; jangkauan=30

Data baru (+5): rata-rata=78,5; median=80; jangkauan=30

1. Salah: rata-rata berubah

2. Benar: median+5, jangkauan tetap

3. Salah: median berubah

4. Benar: median dan rata-rata +5

Jawaban: D (Pernyataan 2 dan 4)

39. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Undian doorprize: kotak berisi kartu nomor 1-30. Peserta mendapat hadiah jika mendapatkan kartu bernomor kelipatan 3 atau bilangan prima.

Kotak undian

Peluang seorang murid mendapat doorprize adalah...

Alternatif Pembahasan:

Kelipatan 3: 3,6,9,12,15,18,21,24,27,30 (10 angka)

Bilangan prima: 2,5,7,11,13,17,19,23,29 (9 angka)

Total yang menang = 10+9 = 19

Peluang = 19/30

Jawaban: B (19/30)

40. Soal TO TKA Matematika SMP/MTs

Survei pada 60 murid: 36 membawa bekal, 24 tidak. Survei dilakukan lagi pada 50 murid dengan proporsi sama. Frekuensi relatif murid yang membawa bekal dari seluruh siswa yang disurvei adalah...

Alternatif Pembahasan:

Proporsi bawa bekal = 36/60 = 3/5 = 0,6

Perkiraan di 50 murid: 50 × 3/5 = 30 murid bawa bekal

Total survei = 60+50 = 110 murid

Total bawa bekal = 36+30 = 66 murid

Frekuensi relatif = 66/110 = 0,6

Jawaban: B (0,60)

Periksa Jawaban dan jika hasilnya belum memuaskan, pilih ⟳ Ulangi Tes untuk tes ulang. Ayo Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!

🎯Terimakasih, anda telah membaca postingan dengan judul:

πŸ“š "TKA SMP Matematika - Simulasi", semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

"Matematika adalah bahasa yang digunakan alam untuk berbicara dengan kita." 😊- Galileo Galilei