TKA SMP Matematika - Simulasi
Soal Simulasi (Try Out) TKA Matematika SMP/MTs Kelas IX
Soal simulasi ini dapat digunakan sebagai latihan dalam persiapan menghadapi Tes Kompetensi Akademik (TKA) SMP/MTs mata pelajaran Matematika.
| Nama Peserta: | |
| Tanggal Tes: | - |
| Jumlah Soal: | 40 Soal |
Bentuk soal pilihan ganda. Pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Anda merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, pilihlah yang paling benar.
Tabel berikut menunjukkan operasi hitung bilangan bulat beserta jawabannya:
Pasangan yang tepat antara operasi hitung dengan hasilnya adalah....
Alternatif Pembahasan:
Perhitungan untuk setiap operasi:
- −15 + 9 ÷ 0,3 − 10 = −15 + 30 − 10 = 5 → (1-a)
- 25 + (−20) × ½ − 15 = 25 − 10 − 15 = 0 → (2-b)
- 15 + (−15) ÷ (−3) − 25 = 15 + 5 − 25 = −5 → (3-d)
- −10 − 15 × 20% + 10 = −10 − 3 + 10 = −3 → (4-c)
Jawaban: B (1 – a, 2 – b, 3 – d, 4 – c)
Paman memiliki kebun jeruk dengan luas 1 hektar. Setiap 6 bulan, paman dapat memanen jeruk sebanyak 45 kuintal dan 1 pohon jeruk mampu menghasilkan sekitar 30 kg jeruk. Agar hasil panen selalu maksimal, paman memberi pupuk untuk setiap pohon sebanyak 200 gram setiap bulan. Banyak pupuk yang dibutuhkan paman selama 6 bulan adalah....
Alternatif Pembahasan:
Langkah penyelesaian:
- Panen 45 kuintal = 4.500 kg jeruk
- Banyak pohon = 4.500 kg ÷ 30 kg/pohon = 150 pohon
- Pupuk per bulan = 200 g × 150 = 30.000 g = 30 kg
- Pupuk 6 bulan = 30 kg × 6 = 180 kg
Jawaban: C (180 kg)
Pak guru membuat permainan untuk materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan bola berwarna: bola merah skor −2, bola kuning skor 2, bola hijau skor 5. Setiap kelompok mengambil 10 bola secara acak, hasilnya:
Manakah pernyataan yang benar?
- Kelompok 4 memperoleh skor akhir yang paling rendah
- Selisih skor kelompok 2 dan kelompok 4 adalah 7
- Kelompok 3 memperoleh skor akhir paling tinggi
- Skor akhir kelompok 1 adalah 14
Alternatif Pembahasan:
Perhitungan skor:
- Kelompok 1: (4×−2)+(3×2)+(3×5) = −8+6+15 = 13
- Kelompok 2: (3×−2)+(5×2)+(2×5) = −6+10+10 = 14
- Kelompok 3: (3×−2)+(4×2)+(3×5) = −6+8+15 = 17
- Kelompok 4: (4×−2)+(4×2)+(2×5) = −8+8+10 = 10
Analisis pernyataan:
- Benar (kelompok 4 skor 10, terendah)
- Salah (selisih 14−10=4, bukan 7)
- Benar (kelompok 3 skor 17, tertinggi)
- Salah (skor kelompok 1 adalah 13)
Jawaban: B (Pernyataan 1 dan 3)
Perhatikan gambar:
Sebuah barang dijual dengan harga Rp250.000,00. Diskon berturut-turut 30% dan 20%. Harga akhir yang harus dibayar adalah....
Alternatif Pembahasan:
Perhitungan diskon berturut-turut:
- Harga setelah diskon 30%: Rp250.000 − 30% = Rp250.000 − Rp75.000 = Rp175.000
- Harga setelah diskon 20%: Rp175.000 − 20% = Rp175.000 − Rp35.000 = Rp140.000
Jawaban: A (Rp140.000,00)
Bola Besi - Cabang olahraga tolak peluru. Berat bola besi untuk tolak peluru senior putra 7 kg dan diameter 14 cm.
Rumus massa jenis: Ο = m/v
dengan: Ο = massa jenis (kg/m³), m = massa (kg), v = volume (m³)
Volume bola: v = 4/3 Ο r³
Massa jenis bola besi tersebut adalah.... (gunakan Ο = 22/7)
Alternatif Pembahasan:
Perhitungan:
- Jari-jari r = 7 cm = 7 × 10⁻² m
- Volume v = 4/3 × 22/7 × (7×10⁻²)³ = 4/3 × 22/7 × 343×10⁻⁶ m³
- v = 4/3 × 22 × 49×10⁻⁶ = (4×22×49)/(3) × 10⁻⁶ m³
- Massa jenis Ο = m/v = 7 / [(4×22×49)/(3)×10⁻⁶]
- Ο = (7×3)/(4×22×49×10⁻⁶) = (21)/(4×22×49×10⁻⁶)
- Ο = (3)/(4×22×7×10⁻⁶) = (3)/(616×10⁻⁶) = (3/616) × 10⁶ kg/m³
Jawaban: D ((3/616) × 10⁶ kg/m³)
Perhatikan gambar berikut:
Apabila Conan akan bermain ke rumah Nobita, maka jarak yang Conan tempuh adalah.... (gunakan √2 = 1,4; √3 = 1,73; √5 = 2,24)
Alternatif Pembahasan:
Menggunakan teorema Pythagoras:
Jarak Conan-Nobita = √(8² + 4²) = √(64 + 16) = √80 = √(16×5) = 4√5
4√5 = 4 × 2,24 = 8,96 km
Jawaban: D (8,96 km)
Perhatikan gambar denah rumah berikut:
Gambar dengan skala 1:100 dan ukuran pada gambar dalam satuan mm. Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan:
- Ukuran rumah tersebut adalah 7 m × 10,5 m
- Luas area dapur setelah diperluas adalah 6 m²
- Luas teras rumah tersebut adalah 7,5 m²
Alternatif Pembahasan:
Perhitungan dengan skala 1:100:
- Benar: Panjang = (3+4) cm × 100 = 700 cm = 7 m; Lebar = (3+3+3+1,5) cm × 100 = 1050 cm = 10,5 m
- Salah: Luas dapur = 3 cm × 3 cm × 10000 = 90000 cm² = 9 m²
- Benar: Luas teras = 1,5 cm × 5 cm × 10000 = 75000 cm² = 7,5 m²
Jawaban: C ((1) Benar, (2) Salah, (3) Benar)
Perhatikan grafik hubungan waktu dan jarak yang ditempuh mobil:
Jarak yang ditempuh mobil tersebut jika telah menempuh perjalanan selama 6 jam adalah....
Alternatif Pembahasan:
Dari grafik: saat t=0, s=0; saat t=10, s=400
Persamaan garis: t/10 = s/400 → s = 40t
Untuk t=6 jam: s = 40 × 6 = 240 km
Jawaban: C (240 km)
Perhatikan grafik produksi sepatu:
Produksi sepatu mencapai 1250 pasang setelah hari ke....
Alternatif Pembahasan:
Dari grafik: saat t=1, s=50; saat t=2, s=100
Persamaan: (t-1)/1 = (s-50)/50 → t-1 = (s-50)/50
Untuk s=1250: t-1 = (1250-50)/50 = 1200/50 = 24 → t=25
Jawaban: C (25)
Hasil latihan pembalap setiap minggu:
Pilihlah pernyataan yang benar:
- Jarak tempuh pembalap setiap minggu pagi adalah 100 km
- Kecepatan rata-rata pada minggu ke-3 adalah y = 30 km/jam
- Selisih waktu tempuh pada minggu ke-1 dan ke-4 adalah y = 48 menit
Alternatif Pembahasan:
Analisis pernyataan:
- Salah: Jarak = kecepatan × waktu = 60 × 1,5 = 90 km
- Benar: Kecepatan minggu 3 = jarak/waktu = 90/3 = 30 km/jam
- Benar: Waktu minggu 1 = 90/45 = 2 jam = 120 menit; Waktu minggu 4 = 90/75 = 1,2 jam = 72 menit; Selisih = 120-72 = 48 menit
Jawaban: C (Pernyataan 2 dan 3)
Sawah Paman berbentuk persegi panjang dengan panjang 12 meter lebihnya dari lebarnya. Keliling sawah tersebut adalah 88 meter. Luas sawah Paman adalah...
Alternatif Pembahasan:
Misal lebar = l, maka panjang = l + 12
Keliling = 2(p + l) = 2(l+12 + l) = 2(2l+12) = 4l + 24 = 88
4l = 64 → l = 16 m, p = 16+12 = 28 m
Luas = p × l = 28 × 16 = 448 m²
Jawaban: B (448 m²)
Selesaian dari pertidaksamaan −7(x + 3) ≤ 28 ditunjukkan oleh garis bilangan:
Alternatif Pembahasan:
−7(x + 3) ≤ 28
x + 3 ≥ 28/(-7)
x + 3 ≥ −4
x ≥ −7
Penyelesaian: x ≥ −7 (titik -7 diarsir penuh, panah ke kanan)
Jawaban: B (Gambar B)
Diketahui sistem persamaan linear dua variabel:
2a + b = 9
Nilai 2a - b adalah...
Alternatif Pembahasan:
Dari persamaan 2: 2a + b = 9 → b = 9 - 2a
Substitusi ke persamaan 1: 3a + 2(9-2a) = 16
3a + 18 - 4a = 16 → -a = -2 → a = 2
b = 9 - 2(2) = 9 - 4 = 5
2a - b = 2(2) - 5 = 4 - 5 = -1
Jawaban: B (-1)
Dua tiang bendera ditanam. Tiang 1: bagian terlihat 5× bagian tertanam. Tiang 2: bagian terlihat 3× bagian tertanam. Jumlah panjang kedua tiang 13 m, jumlah bagian tertanam 2,5 m.
Tentukan pernyataan yang benar:
- Panjang tiang pertama adalah 9 meter
- Panjang tiang kedua adalah 4 meter
- Panjang bagian tertanam tiang pertama adalah 2 meter
- Panjang bagian tertanam tiang kedua adalah 0,5 meter
Alternatif Pembahasan:
Misal bagian tertanam tiang 1 = x, terlihat = 5x, total = 6x
Bagian tertanam tiang 2 = y, terlihat = 3y, total = 4y
Diketahui: x + y = 2,5 dan 6x + 4y = 13
Dari x + y = 2,5 → y = 2,5 - x
Substitusi: 6x + 4(2,5-x) = 13 → 6x + 10 - 4x = 13 → 2x = 3 → x = 1,5
y = 2,5 - 1,5 = 1
Panjang tiang 1 = 6×1,5 = 9 m (benar)
Panjang tiang 2 = 4×1 = 4 m (benar)
Bagian tertanam tiang 1 = 1,5 m (salah)
Bagian tertanam tiang 2 = 1 m (salah)
Jawaban: A (Pernyataan 1 dan 2)
Bentuk sederhana dari 5(2a+3b) − 4(a−b) adalah....
Alternatif Pembahasan:
5(2a+3b) − 4(a−b) = 10a + 15b − 4a + 4b
= (10a - 4a) + (15b + 4b) = 6a + 19b
Jawaban: A (6a + 19b)
Perhatikan diagram panah berikut:
Tentukan pernyataan yang benar:
- Nilai a + b = -1
- Rumus f(x) = 4x - 3
- f(3x+2) = 12x + 5
- Nilai p = 6
Alternatif Pembahasan:
Dari diagram: f(3)=9, f(4)=13
f(x) = ax + b → 3a+b=9 dan 4a+b=13
Kurangi: a=4, b=9-12=-3
f(x)=4x-3
1. a+b=4-3=1 (salah)
2. f(x)=4x-3 (benar)
3. f(3x+2)=4(3x+2)-3=12x+8-3=12x+5 (benar)
4. f(p)=33 → 4p-3=33 → 4p=36 → p=9 (salah)
Jawaban: C (Pernyataan 2 dan 3)
Pendapatan kurir paket dari dua perusahaan:
Berapa banyak paket yang terantar apabila pendapatan kedua kurir sama?
Alternatif Pembahasan:
Pendapatan J&K: 3.000.000 + 1000x
Pendapatan Gaspoll: 2.850.000 + 1100x
Sama ketika: 3.000.000 + 1000x = 2.850.000 + 1100x
150.000 = 100x → x = 1500
Jawaban: B (1500 paket)
WETON - Sistem penanggalan Jawa. Rifky lahir 72 hari yang lalu. Jika hari ini adalah Minggu Kliwon, weton Rifky adalah...
Alternatif Pembahasan:
Weton berulang setiap 35 hari (7 hari × 5 pasaran)
72 hari yang lalu = (35×2) + 2 hari yang lalu
Hari ini Minggu Kliwon, maka 2 hari lalu adalah Jumat Pon
Jawaban: C (Jumat Pon)
Perhatikan pola persegi berikut:
Pernyataan yang benar:
- Banyak persegi kuning pola ke-6 adalah 30
- Banyak persegi biru pola ke-6 adalah 42
- Selisih persegi kuning dan biru pola ke-6 adalah 12
- Jumlah persegi kuning dan biru pola ke-6 adalah 72
Alternatif Pembahasan:
Pola ke-n: Biru = n×(n+1), Kuning = (n+2)×(n+3) - n×(n+1)
Pola ke-6: Biru = 6×7 = 42
Kuning = 8×9 - 42 = 72 - 42 = 30
Selisih = 42-30 = 12
Jumlah = 42+30 = 72
Semua pernyataan benar
Jawaban: D (Semua pernyataan benar)
Model Candi Borobudur menggunakan kubus mainan disusun bertingkat:
Jika dibuat 10 tingkat, banyak kubus berwarna kuning yang diperlukan adalah...
Alternatif Pembahasan:
Pola tingkat ganjil: kuning, tingkat genap: hijau
Kuning: 1² + 3² + 5² + 7² + 9² = 1 + 9 + 25 + 49 + 81 = 165
Jawaban: A (165 buah)
Perhatikan gambar berikut:
Nilai x adalah....
Alternatif Pembahasan:
Perhatikan segitiga kecil: 30° + 40° + sudut lain = 180° → sudut lain = 110°
x adalah sudut pelurus dari 110°, jadi x = 180° - 80° = 100°
Jawaban: D (100°)
Sebuah pohon terletak di antara Mamat dan Mahmud. Jarak Mamat-Mahmud = 28 m, jarak Mahmud-pohon = 20 m.
Tinggi pohon adalah....
Alternatif Pembahasan:
Jarak Mamat-pohon = 28 - 20 = 8 m
Gunakan teorema Pythagoras: 17² = 8² + t²
289 = 64 + t² → t² = 225 → t = 15 m
Jawaban: C (15 m)
Perhatikan gambar segitiga kongruen:
ΞABC dan ΞPQR kongruen, maka ∠PRQ = ...
Alternatif Pembahasan:
Karena kongruen, maka:
∠A = ∠P = 30°, ∠B = ∠Q = 80°
∠C = 180° - 30° - 80° = 70°
∠PRQ = ∠C = 70°
Jawaban: B (70°)
Sebuah foto ditempelkan pada karton:
Foto dan karton sebangun. Luas karton yang tidak tertutup foto adalah....
Alternatif Pembahasan:
Karena sebangun: 30/24 = 40/(40-2x)
5/4 = 40/(40-2x) → 5(40-2x) = 160 → 200-10x=160 → x=4
Luas karton = 40×30 = 1200 cm²
Luas foto = 24×(40-8) = 24×32 = 768 cm²
Luas tidak tertutup = 1200-768 = 432 cm²
Jawaban: D (432 cm²)
Perhatikan jaring-jaring kubus:
Pilih kubus yang sesuai dengan jaring-jaring tersebut:
Alternatif Pembahasan:
Dengan melipat jaring-jaring, diperoleh kubus dengan pola:
• Titik bertemu dengan segitiga
• Garis sejajar bertemu dengan segitiga lain
• Persegi dengan titik di tengah berada di atas
Jawaban: D (Kubus terakhir)
Aldo membuat topi pesulap menggunakan kertas manila:
Luas minimal kertas manila yang harus disediakan adalah... (Ο = 22/7)
Alternatif Pembahasan:
Luas lingkaran (atas): Οr² = 22/7 × (35/2)² = 22/7 × 1225/4 = 962,5 cm²
Luas selimut tabung: 2Οrt = 2 × 22/7 × 9 × 35 = 1.980 cm²
Total luas = 962,5 + 1.980 = 2.942,5 cm²
Jawaban: A (2.942,5 cm²)
Perhatikan gambar segitiga ABC:
Segitiga ABC dicerminkan terhadap sumbu y, dilanjutkan translasi (-5, -8). Bayangan akhir segitiga ABC adalah...
Alternatif Pembahasan:
Titik awal: A(5,3), B(9,4), C(2,7)
Refleksi thd sumbu y: A'(-5,3), B'(-9,4), C'(-2,7)
Translasi (-5,-8): A"(-5-5,3-8)=A"(-10,-5); B"(-9-5,4-8)=B"(-14,-4); C"(-2-5,7-8)=C"(-7,-1)
Jawaban: B
Pak Dadang dan Pak Asep memiliki tanah sawah:
Luas tanah sawah milik Pak Dadang adalah...
Alternatif Pembahasan:
Tanah Pak Dadang terdiri dari:
1. Segitiga: ½×4×3 = 6 m²
2. Trapesium: ½×(3+6+15)×8 = ½×24×8 = 96 m²
3. Trapesium: ½×(8+12)×3 = ½×20×3 = 30 m²
Total = 6+96+30 = 132 m²
Jawaban: C (132 m²)
Rudi memotong kertas berbentuk persegi panjang:
Jika AB=24 cm, BC=20 cm, EG=GC dan AE=FC, keliling bangun datar ABFGE adalah...
Alternatif Pembahasan:
ED = √(15²-9²) = √(225-81) = √144 = 12 cm
GF = √(15²+8²) = √(225+64) = √289 = 17 cm
Keliling ABFGE = AB + BF + FG + GE + EA
= 24 + 12 + 17 + 15 + 8 = 76 cm
Jawaban: B (76 cm)
Perhatikan gambar:
Luas bangun datar di atas adalah...
Alternatif Pembahasan:
Bagian kuning: 2×(6×8) = 96 cm²
Bagian biru: 8×10 = 80 cm²
Bagian hijau: 3×(½×8×15) = 3×60 = 180 cm²
Total = 96+80+180 = 356 cm²
Jawaban: A (356 cm²)
Rancangan ruang terbuka hijau:
Setiap lingkaran melewati pusat lingkaran lainnya. Jika jari-jari setiap lingkaran sama, panjang jalan lintasan di sekeliling taman tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:
Bangun terdiri dari 3 setengah lingkaran
Keliling = 3 × ½ × 2Οr = 3Οr
Jawaban: A (3Οr)
Sebuah wadah berbentuk balok dengan alas persegi dan tinggi 20 cm, berisi air ¾ dari tingginya. Air dimasukkan ke balok besar dengan panjang 24 cm dan lebar 10 cm. Ketinggian air di balok besar adalah...
Alternatif Pembahasan:
Volume air = 6×6×(¾×20) = 36×15 = 540 cm³
Ketinggian di balok besar = volume / luas alas = 540/(24×10) = 540/240 = 2,25 cm
Jawaban: B (2,25 cm)
Pak Reza mempunyai 10 kolam ikan berbentuk tabung dengan diameter 4,2 m dan tinggi 1 m. Volume maksimal sebuah kolam ikan adalah... (Ο = 22/7)
Alternatif Pembahasan:
r = 2,1 m = 21 dm
Volume = Οr²t = 22/7 × 21² × 10 = 22/7 × 441 × 10 = 13.860 dm³ = 13.860 liter
Jawaban: C (13.860 liter)
Bangun terdiri dari limas dan kubus:
AB = 18 cm, TP = 15 cm. Volume bangun tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:
Tinggi limas = √(15²-9²) = √(225-81) = √144 = 12 cm
Volume limas = ⅓×18×18×12 = 1.296 cm³
Volume kubus = 18×18×18 = 5.832 cm³
Total = 1.296+5.832 = 7.128 cm³
Jawaban: C (7.128 cm³)
Toni membuat pelampung pancingan:
Volume pelampung pancingan tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:
Volume kerucut = ⅓Οr²t = ⅓Ο×9²×36 = ⅓Ο×81×36 = 972Ο mm³
Volume ½ bola = ½×4/3Οr³ = ⅔Ο×9³ = ⅔Ο×729 = 486Ο mm³
Total = 972Ο + 486Ο = 1.458Ο mm³
Jawaban: B (1.458Ο mm³)
Angka Partisipasi Murni (APM) Provinsi DIY 2012-2018:
Tentukan pernyataan Benar atau Salah:
- Kenaikan tertinggi terjadi pada tahun 2013-2014
- APM jenjang SMP selalu meningkat dari 2012-2018
- APM jenjang SMP naik 1,3% dari 2017-2018
Alternatif Pembahasan:
1. Benar: 2013-2014 naik 82,2-75,8=6,4 (tertinggi)
2. Benar: selalu naik setiap tahun
3. Salah: 2017-2018 naik 83,3-82,6=0,7 (bukan 1,3%)
Jawaban: C ((1) Benar, (2) Benar, (3) Salah)
Data: 65, 67, 58, 65, 60, 65, 66, 68, 59, 60, 70, 85, 65, 62, 70, 65, 80, 77, 66, 65
Pernyataan yang benar:
- Modus data adalah 65
- Rata-rata lebih kecil dari modus
- Median lebih kecil dari rata-rata
- Jangkauan data adalah 26
Alternatif Pembahasan:
Data diurutkan: 58,59,60,60,62,65,65,65,65,65,65,66,66,67,68,70,70,77,80,85
1. Benar: modus=65 (muncul 6 kali)
2. Benar: rata-rata = 1202/20 = 60,1 < 65
3. Salah: median = 65 > 60,1
4. Salah: jangkauan = 85-58 = 27
Jawaban: A (Pernyataan 1 dan 2)
Nilai ulangan Matematika 20 siswa:
| Nilai | Frekuensi |
|---|---|
| 60 | 2 |
| 65 | 3 |
| 70 | 4 |
| 75 | 5 |
| 80 | 3 |
| 85 | 2 |
| 90 | 1 |
Setiap nilai dinaikkan 5 poin. Pernyataan yang benar:
- Rata-rata data baru tetap, jangkauan bertambah 5
- Median data baru bertambah 5, jangkauan tetap
- Rata-rata data baru bertambah 5, median tetap
- Median dan rata-rata data baru bertambah 5
Alternatif Pembahasan:
Data awal: rata-rata=73,5; median=75; jangkauan=30
Data baru (+5): rata-rata=78,5; median=80; jangkauan=30
1. Salah: rata-rata berubah
2. Benar: median+5, jangkauan tetap
3. Salah: median berubah
4. Benar: median dan rata-rata +5
Jawaban: D (Pernyataan 2 dan 4)
Undian doorprize: kotak berisi kartu nomor 1-30. Peserta mendapat hadiah jika mendapatkan kartu bernomor kelipatan 3 atau bilangan prima.
Peluang seorang murid mendapat doorprize adalah...
Alternatif Pembahasan:
Kelipatan 3: 3,6,9,12,15,18,21,24,27,30 (10 angka)
Bilangan prima: 2,5,7,11,13,17,19,23,29 (9 angka)
Total yang menang = 10+9 = 19
Peluang = 19/30
Jawaban: B (19/30)
Survei pada 60 murid: 36 membawa bekal, 24 tidak. Survei dilakukan lagi pada 50 murid dengan proporsi sama. Frekuensi relatif murid yang membawa bekal dari seluruh siswa yang disurvei adalah...
Alternatif Pembahasan:
Proporsi bawa bekal = 36/60 = 3/5 = 0,6
Perkiraan di 50 murid: 50 × 3/5 = 30 murid bawa bekal
Total survei = 60+50 = 110 murid
Total bawa bekal = 36+30 = 66 murid
Frekuensi relatif = 66/110 = 0,6
Jawaban: B (0,60)
Periksa Jawaban dan jika hasilnya belum memuaskan, pilih ⟳ Ulangi Tes untuk tes ulang. Ayo Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
π―Terimakasih, anda telah membaca postingan dengan judul:
π "TKA SMP Matematika - Simulasi", semoga postingan ini bermanfaat untuk anda."Matematika adalah bahasa yang digunakan alam untuk berbicara dengan kita." π- Galileo Galilei